Tips Otomotif

Ronaldo Pernah Jadi Korban, Begini Bahaya Mobil Kehabisan Bensin

Bahaya Mobil Kehabisan Bensin – Sebagai pengemudi kendaraan bermotor seperti mobil kamu perlu memahami beberapa hal menyangkut larangan yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah jangan biarkan mobil sering mengalami kehabisan bensin, terlebih mobil yang kamu gunakan adalah mobil dengan teknologi injeksi.

Kejadian kehabisan bensin ini juga ternyata pernah terjadi kepada mega bintang sepak bola yang saat ini berlabuh di Manchester United, Cristiano Ronaldo. Mobil sedan mewah yang memiliki harga sekitar 220 ribu poundsterling atau setara Rp2,4 miliar milik Ronaldo disebut kehabisan bensin pada Rabu (29/9) siang waktu setempat.

Dilansir melalui laman resmi CNN Indonesia, pada pukul 14:20 waktu setempat, mobil Bentley Flying Spur yang baru saja dibeli oleh Ronaldo memasuki garasi pom bensin Shell di Wimslow.

Bahaya Mobil Kehabisan Bensin

Sedikit informasi yang mungkin perlu kamu ketahui juga bahwa ketika mobil dengan sistem karburator mungkin tidak akan memiliki efek besar ketika kehabisan bensin. Pemilik mobil hanya perlu mengisinya kembali lalu kemudian mesin mobil pun akan bekerja seperti sedia kala.

Namun hal tersebut tidak akan berlaku pada mobil yang menggunakan sistem mesin injeksi karena memang cara kerja dari mesin injeksi sendiri berbeda. Cara kerja mobil injeksi adalah membutuhkan sebuah daya listrik untuk membakar bahan bakar di dalam ruang bakar.

Ketika mobil dengan sistem injeksi mengalami kehabisan bensin dan mogok, maka kamu tidak bisa mendorongnya sama seperti halnya mobil dengan sistem karburator. Kamu akan mengalami kesulitan untuk menghidupkan mesin mobil walaupun bahan bakar sudah diisi penuh. Selain sulit dinyalakan kembali, beberapa komponen yang tersemat pada mobil innjeksi pun akan terancam terganggu hingga rusak.

Kerusakan ini terjadi dikarenakan mobil injeksi umumnya menggunakan pompa yang terendam bahan bakar di dalam tangki. Apabila pompa bensin ini tidak terendam karena tangki bensin kosong, maka pompa bahan bakar akan mengalami overheat dan rusak. Hal ini disebabkan karena pompa yang seharusnya memasukkan bahan bakar dari tangki ke saluran bahan bakar malah menyalurkan udara karena tangki yang kosong.

Selain itu, ketika sudah terlalu banyak endapan kotoran di dalam tangki maka kotoran tersebut bisa tersedor dan membuat filter bahan bakar menjadi cepat kotor. Bahkan kotoran yang tersedot ini bisa saja membuat saluran bahan bakar mobil menjadi tersumbat.

Pos Terbaru

4 Fungsi Filter Bensin yang Wajib Diketahui

Sebagai pemilik mobil, apakah kamu pernah berpikir kalau bensin yang masuk ke dalam mesin bisa… Selengkapnya

26 November 2021

Kaca Mobil Mengembun, Begini Cara Mengatasinya

Kaca mobil mengembun memang sangatlah mengganggu, terutama sektor visibilitas untuk pengemudi. Saat musim hujan seperti… Selengkapnya

23 November 2021

Aquaplaning, Pahami Bahaya dan Cara Mengatasinya

Saat ini beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda musim hujan yang cukup intens setiap harinya.… Selengkapnya

23 November 2021

Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Matik Lebih Awet

Mobil matik memang menjadi mobil yang serba praktis, termasuk dalam hal mengoperasikannya. Mobil transmisi otomatis… Selengkapnya

22 November 2021

Perbedaan Sunroof dan Moonroof

Tidak semua atap mobil yang bisa dibuka dinamakan sunroof, karena memang ada banyak sekali jenis… Selengkapnya

19 November 2021

3 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih

Exhaust atau knalpot mobil yang keluar asap putih dan air memang tidak bisa didiamkan begitu… Selengkapnya

18 November 2021