RPM Pada Mobil Arti dan Fungsinya Buat Apa?

Definisi dan Fungsi RPM Pada Mobil

Revolution Per Minute (RPM) merupakan satuan yang dipakai untuk menyatakan kecepatan putaran mesin. Istilah ini sering kali dibicarakan ketika membahas performa mesin kendaraan dan spesifikasinya. Istilah ini biasanya muncul pada tachometer yang berada di panel instrumen kendaraan.

Sehingga penting bagi kamu sebagai pengguna mobil untuk mengetahui arti dan fungsi RPM pada mobil. Pada artikel kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai apa arti RPM dan mengapa RPM penting untuk diketahui, berapa RPM yang ideal untuk suatu mobil. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: RPM Adalah Singkatan Dari Rotation per Minute, Benarkah Demikian?

Pengertian RPM Pada Mobil

Revolution Per Minute (RPM) merupakan angka-angka yang memberi tahu mengenai putaran poros engkol atau crankshaft mesin dan dihitung dalam hitungan satu menit. Indikator ini memiliki peran penting dalam mesin dan bentuknya dapat berupa petunjuk lingkaran atau busur lingkaran yang terdapat angka-angka sekaligus jarum petunjuknya.

Angka-angka ini memiliki peran penting untuk menjadi penentu kinerja mesin kendaraan serta sebagai penunjuk kerja putaran mesin kendaraan yang berputar setiap menitnya. Contohnya saat jarum berada di angka 3, artinya putaran poros engkol atau crankshaft mesin adalah 3.000 RPM.

Dengan kamu mengetahui kinerja mesin pada RPM maka kamu dapat menentukan konsumsi bahan bakar dalam kendaraan. Semakin tinggi kinerja mesin setiap menitnya, maka akan semakin banyak bahan bakar yang digunakan oleh mesin untuk melakukan putaran.

Fungsi RPM Pada Mobil

RPM berfungsi untuk menunjukkan angka kecepatan kendaraan yang dikeluarkan dalam satu menit dan sebagai pengingat untuk melakukan ganti gigi. Masing-masing gigi digunakan untuk kecepatan yang terbatas, sehingga daya putar atau torque yang diperlukan untuk memutar masing-masing gigi memiliki kecepatan yang berbeda. Perbedaan juga terdapat pada mobil dengan transmisi manual dan juga otomatis.

Pada mobil transmisi manual, penggunaan gigi diatur secara manual oleh pengemudi dengan mengatur tongkat persneling. Sementara, pada mobil transmisi otomatis, sistem akan mengatur gigi persneling yang tepat untuk digunakan dalam kecepatan tertentu secara otomatis.

Pertanyaan Seputar RPM Pada Mobil

RPM tinggi akan membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak. Sebab bukaan gas yang lebar akan membuat konsumsi bahan bakar yang diperlukan juga semakin banyak.
RPM yang ideal tergantung dengan spesifikasi mesin mobil. Namun, idealnya RPM mobil akan menginjak angka 2 atau 3, pada batas wajar ini mobil menggunakan RPM 2.000 hingga 3.000.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan