Sekring Mobil Putus, Inilah Penyebabnya!

Sekring mobil putus tentunya merupakan suatu kondisi penting yang perlu kamu atasi dengan segera. Apalagi, sekring bisa dikatakan mempunyai fungsi yang cukup vital pada kendaraan. Bahkan, komponen ini berfungsi untuk menjaga agar arus listrik tidak melebihi kebutuhan. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek atau bahkan korsleting yang menyebabkan timbulnya percikan api.

Apa Penyebab Sekring Mobil Terputus?

Penyebab Sekring Mobil Putus

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa sekring mobil terputus. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Lampu Utama Menyala

Biasanya, sekring mobil putus dapat terjadi saat lampu utama mobil dinyalakan. Hal ini biasanya disebabkan karena kemungkinan terjadi kesalahan yang terletak pada tombol atau karena adanya korsleting pada kabel-kabel yang terhubung dalam komponen ini.

Isolator Rusak

Saat kondisi kendaraan berguncang, maka memungkinkan ada beberapa bagian isolator yang rusak atau mengelupas. Hal ini menyebabkan terjadinya korsleting sehingga menyebabkan sekring menjadi putus.

Pedal Rem Diinjak

Kondisi ini pun dapat terjadi saat kamu sedang menginjak pedal rem mobil lalu tiba-tiba terjadi putus sekring. Nah, kamu bisa melakukan pemeriksaan pada beberapa bagian mulai dari tombol hingga bagian lampu. Sebab, bisa saja terdapat kabel yang terkelupas atau jalur kabel yang salah sehingga menyebabkan terjadinya hal tersebut.

Saat Lampu Sein Mobil Menyala

Dalam hal ini, sekring yang putus bisa saja terjadi saat lampu sein mobil dinyalakan. Hal ini disebabkan karena kabel tuas lampu sein mengalami korsleting. Dengan demikian, kondisi ini bisa menyebabkan sekring menjadi putus.

Cara Mengganti Bila Sekring Mobil Putus

Adapun bila sekring putus, kamu pun bisa menggantinya sendiri. Meskipun caranya cukup mudah, akan tetapi kamu harus melakukannya secara hati-hati. Dalam hal ini, kamu hanya perlu mengganti dengan menggunakan sekring cadangan yang memiliki ampere atau ukuran yang sama. Namun, bila tidak ada yang sama maka kamu bisa menggunakan arus yang lebih kecil.

Bahkan, bila kamu tidak memiliki sekring cadangan maka bisa menggunakan sekring dari komponen listrik lain dengan catatan menggunakan ampere yang benar. Selain itu, hindari pula pemakaian ampere yang lebih besar. Sebab, dapat merusak komponen lain atau bahkan bisa menimbulkan kebakaran. Dengan demikian, pastikan mesin mobil kamu harus dalam keadaan mati ya saat melakukan hal tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan