Kategori: Tips Otomotif

Setir Mobil Terasa Goyang? Coba Periksa 4 Komponen Ini!

Setir mobil berfungsi untuk mengendalikan dan menentukan arah roda kendaraan. Saat setir mobil terasa goyang, fungsi tersebut tentu tidak optimal. Mobil akan terasa tidak nyaman, limbung, dan juga sulit untuk dikendalikan. Jika setir mobil kamu terasa goyang, sudah saatnya kamu mengetahui apa penyebabnya dengan mengecek beberapa komponen di mobil kamu, umumnya komponen tersebut berada di bagian kaki-kaki mobil, yaitu:

Velg Mobil

Velg mobil menjadi salah satu penyebab setir mobil terasa goyang. Hal ini disebabkan karena velg mengalami ketidaksimbangan putaran. Velg seperti ini biasanya terjadi akibat bengkok sehinga mengalami deformasi paada lingkar dan permukaan velgnya. Sebaiknya ganti velg penyok atau bengkok kamu dengan yang baru atau lebih kuat agar setir tidak terasa goyang dan nyaman berkendara.

Ban Mobil

Saat kamu berkendara dan terasa goyang bahkan dijalanan halus sekalipun sudah bisa dipastikan jika ban mobil berada dalam keadaan aus atau harus di balancing. Maka periksa ban mobil kamu apakah mengalami keausan, perlu di balancing, atau jenis grid lainnya. Lakukan rotasi roda jika memang sudah mengalami keausan.

Rem Mobil

Setir yang terasa goyang bisa disebabkan karena sistem pengereman yang bermasalah. Hal ini bisa terjadi akibat ada masalah di bagian sepatu rem, cakram, dan yang lainnya. Beberapa masalah pada rem mobil yang membuat setir terasa goyang bisa diakibatkan karena rem cakram tidak rata, komponen sudah berumur tua dan aus, hingga pemasangan rem yang tidak benar.

Bearing atau Lakher Roda

Saat setir terasa goyang, kamu bisa mengecek bearing atau lakher roda mobil. Sebab, bearing yang aus atau kendor dapat menyebabkan setir terasa goyang saat digunakan. Jika bermasalah, segera ganti dengan bearing roda yang baru dan lakukan penyetelan ulang. Namun, perhatikan terlebih dahulu tipe bearing roda seperti apa yang dimiliki mobil kamu. Sebab umumnya ada dua jenis bearing roda, yaitu assy dan tapered. Jika tipe bearing roda kamu assy bearing artinya wajib diganti baru jika sudah aus.

Pos Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

10 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

16 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sigra

Daihatsu Sigra adalah mobil MPV yang pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Kehadirannya dengan… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic - Mobil matic adalah mobil yang saat ini sedang banyak… Read More

1 hari lalu

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

3 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu