Setir Mobil Terasa Goyang? Coba Periksa 4 Komponen Ini!

Car_steering_wheel

Setir mobil berfungsi untuk mengendalikan dan menentukan arah roda kendaraan. Saat setir mobil terasa goyang, fungsi tersebut tentu tidak optimal. Mobil akan terasa tidak nyaman, limbung, dan juga sulit untuk dikendalikan. Jika setir mobil kamu terasa goyang, sudah saatnya kamu mengetahui apa penyebabnya dengan mengecek beberapa komponen di mobil kamu, umumnya komponen tersebut berada di bagian kaki-kaki mobil, yaitu:

Velg Mobil

Velg mobil menjadi salah satu penyebab setir mobil terasa goyang. Hal ini disebabkan karena velg mengalami ketidaksimbangan putaran. Velg seperti ini biasanya terjadi akibat bengkok sehinga mengalami deformasi paada lingkar dan permukaan velgnya. Sebaiknya ganti velg penyok atau bengkok kamu dengan yang baru atau lebih kuat agar setir tidak terasa goyang dan nyaman berkendara.

Ban Mobil

Saat kamu berkendara dan terasa goyang bahkan dijalanan halus sekalipun sudah bisa dipastikan jika ban mobil berada dalam keadaan aus atau harus di balancing. Maka periksa ban mobil kamu apakah mengalami keausan, perlu di balancing, atau jenis grid lainnya. Lakukan rotasi roda jika memang sudah mengalami keausan.

Rem Mobil

Setir yang terasa goyang bisa disebabkan karena sistem pengereman yang bermasalah. Hal ini bisa terjadi akibat ada masalah di bagian sepatu rem, cakram, dan yang lainnya. Beberapa masalah pada rem mobil yang membuat setir terasa goyang bisa diakibatkan karena rem cakram tidak rata, komponen sudah berumur tua dan aus, hingga pemasangan rem yang tidak benar.

Bearing atau Lakher Roda

Saat setir terasa goyang, kamu bisa mengecek bearing atau lakher roda mobil. Sebab, bearing yang aus atau kendor dapat menyebabkan setir terasa goyang saat digunakan. Jika bermasalah, segera ganti dengan bearing roda yang baru dan lakukan penyetelan ulang. Namun, perhatikan terlebih dahulu tipe bearing roda seperti apa yang dimiliki mobil kamu. Sebab umumnya ada dua jenis bearing roda, yaitu assy dan tapered. Jika tipe bearing roda kamu assy bearing artinya wajib diganti baru jika sudah aus.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan