Setir Mobil Terkunci Tiba-Tiba, Berikut Penyebabnya

Setir Mobil Terkunci

Setir Mobil Terkunci – Sebagai pemilik mobil mungkin kamu pernah mengalami kejadian dimana posisi setir mobil kamu secara tiba-tiba terkunci. Kejadian ini biasanya akan berimbas kepada pemilik mobil itu sendiri, panik adalah imbas utamanya.

Biasanya juga, kondisi kemudi yang terkunci ini terjadi pada saat mesin mobil dalam keadaan mati. Atau bisa saja mobil berada di posisi parkit tanpa sengaja kemudi diputar lalu terkunci dengan sendirinya.

Hal ini kemudian sering sekali membuat pemilik mobil panik. Namun, pada dasarnya memang ini adalah bagian dari sistem keamanan yang ada di mobil itu sendiri. Sistem penguncian setir mobil disematkan dengan tujuan untuk meminimalisir tindakan pencurian.

Penyebab Setir Mobil Terkunci?

Selain hal-hal di atas, masih ada beberapa sebab lain yang bisa membuat setir mobil terkunci secara tiba-tiba. Untuk mengetahui beberapa penyebab lainnya, silakan simak selengkapnya di bawah ini :

1. Pompa Power Steering

Penyebab pertama dari setir mobil terkunci tiba-tiba adalah pompa power steering mati. Hal ini bisa dipicu karena kamu sebagai pengemudi sering mematikan mesin mobil secara tiba-tiba. Ketika pomba setir mobil mati, maka ini dapat memengaruhi fungsi setir mobil yang tidak bisa digerakkan.

Pada dasarnya, pompa power steering adalah salah satu alasan setir mobil bisa dikendalikan dengan mudah. Dengan sistem ini, kamu bisa mengendalikan setir dan berbelok kea rah kanan dan kiri dengan sangat mudah.

2. Kunci Mobil Kotor

Penyebab kedua adalah diakibatkan karena kunci mobil yang tidak dirawat dengan baik. Walaupun kunci mobil ini jarang sekali rusak, namun kamu juga perlu merawat dan menjaga kondisinya agar tetap bisa digunakan.

Namun di dalam kondisi kemudi yang terkunci, juga sangat berkaitan erat dengan kondisi kunci mobil itu sendiri. Penyebab umumnya adalah karena debu dan kotoran yang menempel sehingga menumpuk pada bagian kunci.

3. Karena Menikung dengan Tajam

Penyebab terakhir adalah pengemudi mobil mengendalikan mobil dengan tidak baik pada saat belok atau menikung, sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya kerusakan pada setir mobil itu sendiri.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan