Spare Part Mobil Palsu, Bagaimana Membedakannya?

Inilah Cara Membedakan Spare Part Mobil Palsu dan Asli

Saat ini, tidak jarang banyak yang menjual spare part mobil palsu. Nah hal ini tentunya perlu kamu waspadai dengan segera. Sebab, bila kamu tidak teliti tentu akan merugikan diri kamu bukan? Bahkan, dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan kamu dalam berkendara.

Spare Part Mobil Palsu dan Asli

Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan spare part mobil palsu atau asli. Simak berikut ini pemaparan lengkapnya.

Kode dan Nomor Seri Spare Part Mobil

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan, yakni dengan memeriksa kode dan nomor seri yang ada. Pasalnya, setiap barang yang dijual oleh bengkel resmi tentu memiliki nomor seri. Nah setiap nomor seri yang tercantum dalam suatu barang akan terdaftar pada katalog resminya. Jika kamu melihat ada sesuatu yang janggal, maka kamu harus berpikir dua kali sebelum membelinya.

Namun bukan berarti barang KW atau pun palsu tidak dilengkapi dengan nomor seri. Bahkan tidak sedikit pula barang palsu yang dilengkapi dengan kode atau nomor seri tertentu. Oleh karena itu, kamu perlu jeli sebelum membelinya. Biasanya, tampilan kode atau nomor seri yang ada pada barang palsu akan lebih mudah hilang.

Kondisi Kemasan Spare Part Mobil

Sebelum membelinya, jangan lupa untuk perhatikan kondisi kemasan produk tersebut. Biasanya, kardus kemasan asli memiliki material yang lebih tebal dan juga halus. Selain itu, dari segi kualitas kardusnya juga lebih berwarna terang dan tidak kusam lho. Biasanya juga, dilengkapi dengan label stiker hologram yang menempel pada kemasan. Nah kamu bisa perhatikan label stiker tersebut. Sebab, bila asli maka labelnya tidak akan mudah terlepas dan logonya akan tercetak dengan jelas.

Cek Garansi Spare Part Mobil

Pada dasarnya, produk yang asli biasanya diiringi dengan faslitas garansi. Nah garansi tersebut diberikan oleh pihak yang memproduksi kendaraan tersebut. Namun, untuk produk yang palsu hanya diberikan garansi berupa garansi toko. Artinya, tidak semua spare part asli memiliki garansi. Oleh karena itu, kamu bisa membeli di bengkel resmi untuk mendapatkan garansi tersebut.

Perhatikan Bahan dan Spesifikasi Spare Part Mobil

Terakhir, kamu bisa membedakan dari segi bahan dan spesifikasinya. Jangan sampai tertukar dengan spare part bekas. Adapun untuk mempermudahnya, kamu bisa mendapatkan informasi menyeluruh terkait dengan hal tersebut pada katalog atau website resminya. Setelah itu, kamu bisa membandingkannya secara langsung. Bila terdapat perbedaan, pastikan terlebih dahulu keaslian produk tersebut sebelum membelinya!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan