Kategori: Tips Otomotif

Ini Dia Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Berisik

Mobil dengan suara mesin  yang kasar dan berisik tentunya sangat mengganggu kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Tak jarang juga kondisi ini mengganggu mobilitas perjalanan dan menimbulkan perasaan tidak tenang. Untuk mengantasipasi hal tersebut, ketahui penyebab suara mesin mobil kasar dan berisik agar kamu mengetahui cara mengatasinya. Berikut uraiannya di bawah ini.

Katup Mesin

Katup mesin dapat menjadi salah satu penyebab mesin mobil kasar dan berisik. Hal ini disebabkan karena batang katup terbuat dari logam dan dapat memuai jika terkena panas. Sebab itu, sebaiknya berikan celah pada katup mesin dengan rocker arm berukuran sekitar 0,2 mm hingga 0,3 mm.

Saat mengaturnya, pastikan celah katup tidak terlalu rapat karena dapat menyebabkan bunyi akibat batang katup yang menekan katup. Jarak yang terlalu lebar juga tidak disarankan karena sama-sama akan menimbulkan bunyi akibat bergesekan dengan rocker arm. Oleh sebab itu, kamu sangat dianjurkan untuk melakukan penyetelan celah katup secara berkala agar meninimalisir terjadinya pergeseran celah katup menjadi lebih rapat ataupun lebar.

Knocking

Knocking bisa menjadi salah satu penyebab mesin mobil kasar dan berisik. Hal ini terjadi karena adanya pembakaran yang kurang sempurna akibat penggunakan bahan bakar yang nilai oktannya kurang atau tidak sesuai. Selain itu, bisa diakibatkan oleh kotoran yang mengendap di ruang bakar. Suara kasar penyebab knocking biasanya menyerupai seperti ketikan saat suhu mesin mobil mulai naik. Sebab itu, sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan mesin dan oktan yang dianjurkan.

Kurang Oli Mesin

Mesin yang kekurangan oli akan kurang optimal mengurangi gesekan antara komponen dalam mobil. Saat kinerjanya sudah tidak optimal, saat itu lah timbul sumber suara mesin yang kasar di mobil kesayangan kamu. Mesin yang berisik karena kurang oli biasanya terdengar di bagian atas pengaturan katup. Hal ini juga bisa terjadi karena adanya kebocoran oli atau kondisi piston yang sudah mengalami keausan.

Bearing Mobil

Saat mobil kamu terdengar semakin berdegung terus menerus dan semakin kencang saaat RPM naik, sudah bisa dipastikan jika penyebabnya adalah bearing mobil kamu yang bermasalah. Ada banyak macam bearing pada mobil, sehingga terkadang sulit untuk menentukan bearing jenis apa yang bermasalah., seperti tensioner, alternator, idler, dan yang lainnya. Pastikan kamu membawanya ke bengkel untuk diperbaiki menggunakan mesin.

Pos Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

9 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

15 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sigra

Daihatsu Sigra adalah mobil MPV yang pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Kehadirannya dengan… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic - Mobil matic adalah mobil yang saat ini sedang banyak… Read More

1 hari lalu

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

3 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu