Ini Dia Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar dan Berisik

mesin mobil

Mobil dengan suara mesin  yang kasar dan berisik tentunya sangat mengganggu kenyamanan pengemudi dalam berkendara. Tak jarang juga kondisi ini mengganggu mobilitas perjalanan dan menimbulkan perasaan tidak tenang. Untuk mengantasipasi hal tersebut, ketahui penyebab suara mesin mobil kasar dan berisik agar kamu mengetahui cara mengatasinya. Berikut uraiannya di bawah ini.

suara mesin mobil

Katup Mesin

Katup mesin dapat menjadi salah satu penyebab mesin mobil kasar dan berisik. Hal ini disebabkan karena batang katup terbuat dari logam dan dapat memuai jika terkena panas. Sebab itu, sebaiknya berikan celah pada katup mesin dengan rocker arm berukuran sekitar 0,2 mm hingga 0,3 mm.

Saat mengaturnya, pastikan celah katup tidak terlalu rapat karena dapat menyebabkan bunyi akibat batang katup yang menekan katup. Jarak yang terlalu lebar juga tidak disarankan karena sama-sama akan menimbulkan bunyi akibat bergesekan dengan rocker arm. Oleh sebab itu, kamu sangat dianjurkan untuk melakukan penyetelan celah katup secara berkala agar meninimalisir terjadinya pergeseran celah katup menjadi lebih rapat ataupun lebar.

Knocking

Knocking bisa menjadi salah satu penyebab mesin mobil kasar dan berisik. Hal ini terjadi karena adanya pembakaran yang kurang sempurna akibat penggunakan bahan bakar yang nilai oktannya kurang atau tidak sesuai. Selain itu, bisa diakibatkan oleh kotoran yang mengendap di ruang bakar. Suara kasar penyebab knocking biasanya menyerupai seperti ketikan saat suhu mesin mobil mulai naik. Sebab itu, sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan mesin dan oktan yang dianjurkan.

Kurang Oli Mesin

Mesin yang kekurangan oli akan kurang optimal mengurangi gesekan antara komponen dalam mobil. Saat kinerjanya sudah tidak optimal, saat itu lah timbul sumber suara mesin yang kasar di mobil kesayangan kamu. Mesin yang berisik karena kurang oli biasanya terdengar di bagian atas pengaturan katup. Hal ini juga bisa terjadi karena adanya kebocoran oli atau kondisi piston yang sudah mengalami keausan.

Bearing Mobil

Saat mobil kamu terdengar semakin berdegung terus menerus dan semakin kencang saaat RPM naik, sudah bisa dipastikan jika penyebabnya adalah bearing mobil kamu yang bermasalah. Ada banyak macam bearing pada mobil, sehingga terkadang sulit untuk menentukan bearing jenis apa yang bermasalah., seperti tensioner, alternator, idler, dan yang lainnya. Pastikan kamu membawanya ke bengkel untuk diperbaiki menggunakan mesin.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan