Tanda Ban Mobil Rusak dan Perlu Diganti

Ban Mobil Rusak

Ban Mobil Rusak – Ban mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting di sebuah kendaraan. Tak hanya berfungsi untuk menggerakan mobil, ban mobil juga memiliki peran yang sangat penting pada sektor keamanan dan kenyamanan penumpang. Dan ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan, maka dari itu kamu sebagai pemilik mobil perlu menaruh perhatian lebih pada komponen satu ini.

Tanda Ban Mobil Rusak

Banyak yang masih bingung dan bertanya-tanya kapan kan waktu yang tepat untuk mengganti ban? Dan berapa kah umur pakai ideal untuk ban mobil? Saat ini banyak yang menggunakan ciri ban aus sebagai patokan untuk mengganti ban. Padahal, masih ada beberapa ciri lainnya yang bisa dijadikan patokan untuk mengganti ban. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Ketika Ban Berusia 3 Tahun

Ban adalah komponen yang terbuat dari bahan karet yang tentunya elastis. Kelenturan karet tersebut akan terus berubah seiring berjalannya waktu, semakin lama maka karet akan kehilangan elastisitasnya. Dan akhirnya menjadi getas dan keras.

Usia yang ideal dari ban mobil adalah 3 tahun setelah masa produksi, jadi ada baiknya ketika usia pakai ban sudah mencapai waktu tersebut segera lakukan penggantian. Meskipun kembangan masih tebal dikarenakan mobil jarang digunakan, namun tetap saja ban perlu diganti karena sudah tidak memberi rasa aman dan nyaman karena sudah mengeras.

2. Tapak Ban Tipis

Kondisi ini sering disebut sebagai ban gundul pada permukaannya. Ban mobil yang sudah botak atau gundul ini tentu perlu dilakukan penggantian sesegera mungkin agar tak membahayakan penumpang dan pengendara lain di jalan.

3. Terlalu Banyak Tambalan

Tanda ban mobil perlu diganti selanjutnya adalah ketika ban sudah penuh dengan tambalan. Biasanya ban mobil yang bocor memang cara mengakalinya dengan tambal ban yang biasa ditemui di pinggir jalan. Namun, ketika jumlah tambalan ban sudah banyak dan penuh maka ada baiknya segera ganti ban tersebut.

4. Dinding Ban Mobil Robek

Apabila permukaan ban mobil yang bocor mungkin masih bisa ditambal untuk menggunakannya kembali. Namun ketika dinding ban yang mengalami kebocoran atau robek, tentu hal ini sangat berbahaya bagi penumpang di dalam mobil ataupun pengendara lain. Maka ada baiknya lakukan penggantian ban mobil segera apabila hal ini terjadi.

5. Adanya Benjolan di Permukaan Ban

Biasanya hal ini disebut dengan ban benjol, kondisi ini menjadi indikator pertama ketika dinding ban akan mengalami robek atau pun pecah. Sebelum ban benar-benar pecah, maka ada baiknya lakukan penggantian setelah melihat adanya benjolan.

Demikian tanda ban mobil rusak dan perlu diganti, jangan tunggu nanti untuk sebuah keselamatan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan