Tanda Masalah Rem Mobil yang Perlu Kamu Ketahui! 

Rem merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada mobil. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui tanda bila terjadi masalah pada rem mobil kamu. Apalagi, hal ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan juga keselamatan kamu dalam berkendara. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui tanda apabila rem mobil kamu mengalami masalah.

Tanda Bila Terjadi Masalah Pada Rem Mobil

Nah ada beberapa tanda masalah rem mobil yang perlu untuk kamu ketahui. Simak berikut ini penjelasannya.

Rem Tangan Mobil

Pedal Terlalu Ringan dan Dalam

Kondisi ini biasanya terjadi karena kebocoran pada sistem pengereman, yakni pada bagian master silinder internal atau pun eksternal. Hal tersebut tentu bisa membahayakan ketika kamu melewati jalanan yang menurun. Sebab, meskipun kamu sudah menginjak pedal rem dalam-dalam, maka mobil akan tetap meluncur. Oleh karena itu, segera ganti master silinder mobil kamu dengan yang baru ya!

Rem Keras Saat Diinjak

Pada dasarnya, booster rem merupakan komponen yang bekerja untuk menyuplai minyak rem. Nah, apabila terjadi kerusakan pada komponen ini tentu akan berpengaruh terhadap kondisi minyak rem. Hal ini menyebabkan pedal rem akan terasa keras saat diinjak. Adapun untuk memperbaikinya, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan teknisi mengenai masalah tersebut. Bila kondisinya sudah tidak baik, maka segeralah untuk menggantinya dengan komponen yang baru.

Mobil Bergerak ke Salah Satu Sisi

Mobil yang bergerak ke salah satu sisi akibat pengereman, biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Namun, yang paling umum adalah disebabkan karena kaliper yang membeku. Kondisi ini menyebabkan minyak rem tidak bisa mengalir dengan sempurna. Biasanya, disebabkan karena debu yang menempel pada piston kaliper. Nah untuk memperbaikinya, kamu perlu untuk mengganti kaliper mobil kamu dengan yang baru.

Kemudi Bergetar Saat Pengereman

Pada umumnya, kondisi ini pun bisa dikatakan sangat sering terjadi. Biasanya, getaran akan semakin terasa saat kamu memacu kendaraan dengan kecepatan yang tinggi. Adapun, penyebabnya biasanya karena cakram yang tidak rata akibat mobil yang sudah lama tidak digunakan. Selain itu, bisa juga karena sisa air hujan yang menyebabkan cakram menjadi berkarat dan mengalami korosi.

Dalam hal ini, kamu bisa mengatasinya dengan mengikis piringan cakram tersebut agar permukaannya kembali merata. Namun apabila cakram tersebut terasa sudah tipis ukurannya, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan