Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

TARIF PAJAKK

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka sesuai nama atau keinginan penggunanya. Kamu juga bisa kok! Tapi, setiap orang yang menginginkan plat nomor favorite harus memesan di kantor samsat. Setelah mendapatkannya, kamu juga harus merogoh kocek yang lebih dalam lho untuk bayar pajak plat nomor cantik.

Berapa Biaya Bayar Pajak Plat Nomor Cantik?

Biaya pembayaran pajak plat nomor cantik atau Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 mengenai Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Repuplik Indonesia.  Besaran biaya yang harus dibayarkan mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 5 juta seperti di bawah ini.

  1. NRKB satu digit, tidak ada huruf di belakang Rp 20 juta. Ada huruf di belakang Rp 15 juta
  2. NRKB dua digit, tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta Ada huruf di belakang Rp 10 juta
  3. NRKB tiga digit, tidak ada huruf di belakang Rp 10 juta. Ada huruf di belakang Rp 7.5 juta
  4. NRKB empat digit, tidak ada huruf di belakang Rp 7,5 juta. Ada huruf di belakang Rp 5 juta

Hal-hal di atas mempunyai beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan berdasarkan keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Polri Nomor KEP/62/XII/2016 Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor, yaitu:

  1. NRKB hanya berlaku selama 5 tahun. Setelah itu, dapat diperpanjang selama 5 tahun kembali dengan menggunakan kode wilayah yang sama
  2. NRKB tidak berlaku apalabila kendaraan dipindahtangankan pada pihak lain atau di mutasi ke luar wilayah
  3. NRKB tidak berlaku jika ada perubahan yang terletak pada alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama
  4. Masa berlaku NRKB tercantum dalam surat keterangan yang dikeluarkan Ditlantas Poldaa atau Satlantas Polres/Ta/Tabes
  5. Perpanjangan NRKB dilakukan bersama dengan perpanjanganan STNK dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlakunya STNK
  6. Kendaraan yang dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB habis, maka menjadi habis dan ada penerbitan STNK bari dengan NRKB pilihan yang baru selama 5 tahun.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan