Tips Ban Mobil Awet Saat Digunakan Sehari-hari

Ban Mobil Awet

Tips Ban Mobil Awet – Ban mobil adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan, hal ini dikarenakan ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Karena perannya yang penting tersebut, maka kondisi ban sangat perlu diperhatikan. Apabila ban sudah mulai aus dan menipis, maka ada baiknya segera lakukan penggantian ban baru agar keselamatan berkendara tetap aman terkendali.

Namun untuk sebagian orang melakukan penggantian ban mobil baru cukup berat, terlebih di masa pandemi yang sulit ini. Karena memang ban mobil sendiri adalah salah satu komponen yang cukup mahal di pasaran. Untuk menghemat pengeluaran dari penggantian ban baru ini, sebenarnya kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk memperpanjang usia ban mobil. Dikutp melalui laman resmi Hyundai Mobil Indonesia, berikut beberapa cara agar ban mobil awet pada saat digunakan.

Tips Ban Mobil Awet saat Digunakan

1. Perhatikan Tekanan Angin

Ketika ban mobil megalami penurunan tekanan angin di bawah standar, maka ban akan mengalami friksi lebih yang tidak hanya membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros, melainkan tapak ban yang kempis akan menipis karena fraksi ini mempercepat habisnya komponen ban.

Maka dari itu, ada baiknya jaga selalu tekanan ban sesuai standar yaitu kisaran 32 hingga 38 psi. Untuk mengetahui angka pasti tekanan angin standar pabrikan, kamu bisa mengeceknya dengan melihat stiker tabel yang ada di bagian pintu pengemudi. Di tabel tersebut ada keterangan yang menunjukkan tekanan ban mobil yang sesuai standar untuk mobil kesayangan.

2. Lakukan Spooring

Spooring juga bisa membantu untuk memperpanjang usia ban karena dapat mencegah ban habis pada satu sisi saja. Ketika ban mobil tidak spooring dengan benar, maka ban bisa saja terseret karena posisi toe yang tidak pas. Ataupun masalah lainnya pada saat ban tidak dispooring adalah memiliki beban berlebih di satu bagian karena camber.

3. Kondisikan Muatan

Muatan yang berlebih yang diangkut oleh mobil juga bisa mempercepat habisnya ban mobil. Hal ini dikarenakan muatan yang berat tersebut menekan ban dan juga memberikan lebih banyak friksi. Hasilnya pun sama seperti poin sebelumnya, ban mobil akan menjadi lebih cepat aus dan habis.

4. Gaya Berkendara

Gaya mengemudi juga turut ikut andil dalam memperpanjang usia ban. Semua poin di atas akan terasa percuma apabila kamu sering melakukan akselerasi berat sehingga roda menjadi berdecit. Ataupun sebagai pengemudi sering melakukan pengereman berat yang bisa membuat ban mobil berdecit.

Berbelok dengan kecepatan yang kencang juga bisa mengurangi usia ban karena menahan beban berlebih. Maka dari itu, berkendaralah dengan aman dan juga santai saja, hindari pengereman secara mendadak dan menikunglah dengan kecepatan yang normal.

5. Beli Ban Mobil Berkualitas

Untuk ban mobil yang sudah terlalu parah kerusakannya, ada baiknya segera lakukan penggantian ban mobil baru untuk meningkatkan performanya kembali. Namun sebelum membeli ban mobil baru, kamu perlu cermat dalam memilih bengkel atau toko ban mobil terdekat di kota kamu. Apabila kamu memilih toko ban mobil secara asal, maka bisa jadi kamu akan mendapatkan ban mobil yang kondisinya kurang baik atau mendekati waktu kedaluwarsa.

Kunjungi: Ban Mobil Terbaik

Untuk itu, kamu perlu memilih toko ban mobil terpercaya dari HSR Wheel. HSR sendiri memiliki lebih dari 80 toko velg dan ban mobil yang tersebar di seluruh Indonesia. Walaupun penjualan produk utamanya adalah velg HSR, namun ban mobil yang dijual oleh HSR Wheel pun dijamin berkualitas.

Brand ban mobil terkenal yang dijual oleh HSR Wheel adalah ban mobil Accelera, Forceum, Zeetex, dan Yokohama. Untuk kamu yang ingin melakukan penggantian ban baru, silakan langsung datang saja ke dealer resmi HSR Wheel yang ada di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui alamatnya, kamu bisa langsung mengunjungi laman resmi HSR Wheel Store atau silakan langsung hubungi Customer Service (CS) kami dengan menekan tombol WhatsApp di bawah ini. Semoga bermanfaat.

CS HSR Wheel
CS HSR Wheel

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan