Kategori: Tips Otomotif

Tips Bersihkan Karpet Mobil Untuk Kenyamanan

Tips Bersihkan Karpet Mobil – Kebersihan adalah salah satu hal yang penting yang harus dijaga saat masa pandemi seperti saat ini. Masyarakat dituntut untuk berperilaku bersih baik pada tubuh diri sendiri dan juga barang – barang yang sering digunakan setiap hari. Termasuk seperti mobil, terutama bagian interiornya yang harus rutin dibersihkan demi menghindari dari berbagai virus dan penyakit.

Salah satu yang sering dilupakan ketika membersihkan kabin mobil adalah karpet mobil yang sering diinjak oleh kaki. Padahal, kebersihan karpet mobil adalah sangat penting dan berpengaruh terhadap udara yang ada di dalam kabin. Karpet yang kotor dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam mobil dan hal tersebut tentu saja mengganggu kenyamanan penumpang yang ada di dalamnya.

Tips Bersihkan Karpet Mobil

Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu perlu mengetahu cara membersihkan karpet dengan benar agar karpet mobilmu selalu bersih dan juga wangi. Berikut tipsnya bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Sediakan tempat sampah di dalam mobil untuk membuang sampah agar tidak berserakan di dalam mobil. Jangan lupa juga untuk mengosongkan tempat sampah tersebut jika sudah penuh supaya tidak menumpuk lama di dalam mobil.
  2. Jaga kebersihan alas kaki seperti sepatu ataupun sandal ketika ingin masuk ke dalam mobil, hal tersebut dilakukan untuk menghindari kotoran agar tidak menumpuk di karpet.
  3. Ketika membersihkan karpet jangan di dalam mobil, melainkan dilepas dan dikeluarkan dari dalam mobil. Lalu bersihkan karpet mobil tersebut di luar mobil sehingga debu dari karpet tidak menyebar ke interior yang ada di dalam mobil.
  4. Untuk karpet yang menggunakan bahan karet elastis, kamu bisa melakukan pencucian karpet jika sudah banyak kotoran yang menempel dengan detergen. Selanjutnya kamu bisa keringkan karpet tersebut hingga kering merata. Jika sudah kering, sebelum dipasang kembali, sebaiknya semprotkan dahulu cairan disinfektan pada karpet mobil.
  5. Ketika karpet dikeringkan, kamu bisa lakukan vacuum pada karpet, sela-sela jok, jok, serta pintu yang biasa menjadi sarang kotoran atau sisa makanan yang menempel.

Untuk membersihkan karpet, sebaiknya dilakukan minimal dua minggu atau satu bulan sekali agar kebersihan kabin tetap terjaga. Jika tidak bisa membersihkan sendiri, maka kamu bisa menggunakan jasa pencucian mobil yang berada di dekatmu.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ketika karpet kondisinya dalam keadaan basah. Segera keringkan dengan cara mengeluarkan karpet dari dalam mobil, lalu vacuum terlebih dahulu. Dan setelah itu baru keringkan dengan cara dijemur hingga benar-benar kering untuk kemudian dipasang kembali.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

1 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu