Tips Cuci Mesin Mobil Sendiri Tanpa Pergi ke Detailing

Cuci Mesin Mobil

Mesin mobil seiring penggunaannya akan mengalami perubahan ketika sering digunakan. Terutama dalam urusan performa. Tak hanya dari segi performa, melainkan juga penampilannya akan ikut terdampak. Debu, pelumas, bahkan aspal adalah beberapa objek yang mengganggu kebersihan ruang dalam mesin. Untuk hal tersebut, di artikel kali ini kita akan membahas sejumlah cara cuci mesin mobil di rumah dengan mudah tanpa harus pergi ke auto detailing ataupun salon mobil.

Namun, sebelum memulainya kamu harus terlebih dahulu menyiapkan sejumlah peralatan seperti cairan pembersih atau air sabun, engine degreaser, sikat kuas, dan beberapa kain lap.

Cara cuci mesin mobil sederhananya bisa dilakukan dengan cara membersihkan kotoran-kotoran ringan yang ada di permukaan mesin, mulai dari permukaan yang lebar hingga ke celah kecil mesin. Selanjutnya, gunakan cairan pembersih untuk memaksimalkan hasil pembersihan. Setelah itu bilas dengan air secukupnya dan keringkan.

Namun perlu diingat, bahwa ruangan mesin mobil juga terdapat komponen-komponen kelistrikan. Karena itu hindarilah penggunaan air mengalir selama proses pencucian. Untuk detail langkah cuci mesin mobil sendiri di rumah bisa disimak sebagai berikut :

1. Pastikan Sebelum Cuci, Mesin Mobil Dalam Keadaan Dingin

Langkah pertama yang perlu kamu pastikan sebelum membersihkan mesin mobil ialah pastikan kondisi mesin mobil dalam kondisi dingin. Maka dari itu, kamu bisa melakukan membersihkan mesin mobil pada pagi hari disaat mesin mobil sama sekali belum dinyalakan. Atau jikapun ingin membersihkan mesin mobil ketika mobil digunakan, tunggu sekitar 40-50 menit untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin.

2. Bersihkan Debu dan Kotoran Ringan

Langkah selanjutnya ketika mesin mobil sudah dipastikan dingin adalah memulai proses pembersihan mesin. pada langkah ini kamu perlu membersihkan debu-debu atau kotoran ringan yang hinggap pada permukaan mesin.

Ambillah kuas yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu mulai “menyapu” permukaan mesin dari yang permukaannya lebar hingga ke sela-sela mesin. Ingat, pada tahap ini kamu tak perlu menggunakan air sama sekali.

3. Lepas Aki Mobil

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu melepas aki mobil untuk memutuskan aliran listrik yang ada pada mobil. Hal ini dilakukan karena pada tahap selanjutnya kamu perlu menggunakan air. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari korsleting listrik pada mobil nanti.

Selain tujuan yang disebutkan diatas, melepas aki mobil juga agar kamu bisa mengakses bagian tempat penyimpanan aki yang umumnya bagian tersebut ada banyak kotoran yang perlu dibersihkan juga. Setelah itu, simpan aku yang sudah dilepas tadi di tempat yang aman dan kering.

4. Cuci Bagian Bawah Kap Mesin Mobil

Setelah aki mobil sudah diangkat maka kamu aman untuk menggunakan air atau bahan cair untuk membersihkan mesin mobil. Untuk membersihkan bagian ini, kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang sudah disiapkan sebelumnya. Gunakan sikat atau kuas juga untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. Setelah terlihat bersih, bilas secara perlahan lalu keringkan dengan lap microfiber atau plas chamois.

5. Bersihkan Bagian Mesin Mobil

Cuci Bagian Mesin Mobil

Ditahap kali ini, kamu akan mulai membersihkan mesin mobil kamu. Sebelum itu, kamu perlu menyiapkan peralatan-peralatan yang sudah disiapkan tadi. Yang kamu butuhkan adalah cairan serbaguna atau air sabun dan sikat atau kuas. Setelah semuanya siap, pertama yang harus kamu lakukan adalah basahi permukaan mesin yang ingin dibersihkan. Lalu gunakan sikat atau kuas untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.

Jika dirasa menggunakan air sabun tak cukup untuk mengangkat kotoran, kamu bisa menggunakan engine degreaser untuk mengangkat kotoran yang membandel pada mesin. Untuk lebih mudah, kamu bisa memulai membersihkan mesin di permukaan yang lebar atau besar terlebih dahulu. Setelah itu dilanjut untuk sela-sela mesin yang kecil. Jangan lupa juga untuk membersihkan rangka mobil bagian dalam.

6. Keringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

Setelah dirasa mesin mobil kamu sudah bersih, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Tahap ini perlu dilakukan untuk menghindari kemunculan karat pada komponen mesin. Untuk mengeringkannya, kamu hanya perlu menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois

7. Pasang Kembali Aki dan Nyalakan Mesin

Setelah mesin mobil sudah bersih dan dikeringkan maka kamu hanya perlu memasang kembali aki mobil kamu. Setelah itu coba nyalakan mesin dan diamkan beberapa menit.

Sebenarnya, membersihkan mesin mobil bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Walau proses diatas memakan waktu dan tenaga, namun hasilnya cukup bermanfaat. Semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi kamu yang membacanya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan