Tips Irit Bahan Bakar Berkendara Dengan Mobil Matik

Tips Irit Bahan Bakar

Tips Irit Bahan Bakar  – Banyak orang yang beranggapan bahwa mobil dengan transmisi otomatis atau matik memiliki penggunaan bahan bakar lebih boros dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Benar atau tidaknya hal tersebut, satu hal yang harus kamu tahu. Yaitu penggunaan bahan bakar sebuah kendaraan bermotor sangat bergantung dengan perilaku pengemudi ketika berkendara.

Tips Irit Bahan Bakar Dengan Mobil Matik

Ketika kamu ingin memiliki kendaraan yang tidak boros bahan bakar alias irit, maka ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan. Untuk ulasan terkait hal tersebut bisa kamu simak di bawah ini :

Kecepatan Mobil Perlu Konstan

Bagian tubuh jika terus bergerak pasti akan membutuhkan energi yang lebih banyak. Hal tersebut sama dengan yang dibutuhkan mobil apabila sering melakukan akselerasi, maka mesin mobil akan bekerja lebih keras. Dan tentu saja bahan bakar yang dibutuhkan pun akan menjadi lebih banyak lagi.

Kamu juga perlu usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan rem jika tidak diperlukan. Jaga kecepatan mobil agar tetap konstan sehingga mesin akan bekerja lebih stabil.

Hindari Sering Injak Pedal Rem

Pedal rem pada mobil jangan terlalu sering diinjak. Kamu bisa sejenak melepaskan kaki dari pedal rem mobil, hal tersebut karena akan berkontribusi dalam pemborosan bahan bakar apabila terlalu sering menginjak pedal rem.

Tekanan Angin Ban Mobil Cukup

Ban mobil adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal jalanan. Masing-masing ban memiliki porsinya sendiri dan mampu mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Ban yang memiliki tekanan angin kurang dari standar akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras. Hal tersebut tentu saja berisiko penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

Tips Irit Bahan Bakar : Jaga Emosi

Berkendara secara agresif dengan melakukan akselerasi yang sangat cepat lalu mengerem mendadak pun bisa membuat penggunaan bahan bakar mobil matik menjadi lebih boros. Jaga emosi berkendaramu dan ketika ingin berakselerasi maka lakukan secukupnya, tak perlu ngebut apalagi ugal-ugalan.

Gunakan Jenis BBM Sesuai Anjuran

Menggunakan bahan bakar sesuai anjuran adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal tersebut dilakkan agar pembakaran menjadi sempurna dan kerja mesin tetap optimal. Mesin dengan rasio kompresi tinggi perlu menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Sementara mesin dengan rasio kompresi rendah disarankan menggunakan bahan bakar dengan oktan yang rendah.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan