Info Ban Mobil

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini dikarenakan ban mobil memiliki pengaruh langsung terhadap laju suatu kendaraan. Ban mobil yang tidak sesuai dengan jenis mobil bisa mengganggu kenyamanan pengemudi. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraanmu. Berikut ini 5 cara memilih ban mobil agar awet dan nyaman digunakan saat berkendara. Simak sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: 15 Rekomendasi Toko Ban Mobil Terdekat di Jakarta

5 Tips Memilih Ban Mobil

1. Pilih Ban Mobil Yang Sesuai Dengan Jenis Kendaraan

Hal pertama yang harus dilakukan saat membeli ban mobil adalah melihat referensi jenis ban mobil yang sesuai dengan standar bawaan pabrik. Ban mobil yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan akan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Oleh karenanya, penting sekali untuk melihat tipe ban mobil sebelum membelinya. Kamu bisa melihatnya pada bagian plakat laci atau pintu atau di dekat tutup tangki bahan bakar (tergantung dengan jenis kendaraan).

Selain itu, kamu juga bisa melihat petunjuk penggunaan, penyertaan tipe. dan ukuran ban yang tercatat pada kode ban mobil. Contohnya, kode ban mobil P 215/55/R17 93V, artinya terdapat huruf P yang berarti ban mobil tersebut hanya didesain untuk mengangkut penumpang. Sedangkan apabila kode ban LT, tandanya ban mobil tersebut digunakan untuk membawa muatan barang dan apabila kode hurufnya T berarti ban mobil tersebut hanya bisa digunakan sebagai ban mobil serep.

2. Pilih Ban Mobil Yang Sesuai Dengan Kebutuhannya

Tips berikutnya adalah memilih ban mobil yang sesuai dengan kebutuhannya. Apabila kendaraanmu hanya digunakan untuk berpergian ke kantor yang ada di Perkotaan, maka jenis ban yang cocok adalah tipe H/T atau High Terrain.

Tipe M/T  atau Mud Terrain, cocok digunakan pada jalanan yang berlumpur dan berbatuan. Tipe ban mobil seperti ini memang sangat kuat dan kokoh saat melewati medan yang sulit sekalipun. Namun, jenis ban mobil ini tidak bisa digunakan pada jalanan perkotaan karena akan licin dan daya cengkramnya lemah. Tipe A/T atau All Terrain, cocok digunakan pada daerah yang sering terendam banjir.

3. Mengenali Jenis Ban Mobil

Tips memilih ban mobil yang tepat adalah dengan mengenali jenis ban mobil tersebut. Berikut ini terdapat 5 jenis ban mobil yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya:

  • Ban mobil tubeless, kelebihannya adalah tahan udara dan tidak mudah kempes meskipun tidak menggunakan ban dalam.
  • Ban bias, terbuat dari lembaran cord yang ditenun dengan pola zig-zag dan membentuk sudut 40-65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.
  • Ban radial, ban yang terbuat dari lapisan serat dengan arah menyilang di bagian lingkar ban. Tipe ban ini cocok digunakan pada kendaraan yang membawa penumpang.
  • Ban Run Flat Tyre, ban yang bisa berjalan dengan kecepatan tertentu meski dalam keadaan kempes/tidak ada anginnya.
  • All Terrain, ban mobil ini cocok dipakai pada kendaraan berkerikil atau berarir.

4. Pilih Yang Sesuai Dengan Ukuran

Ban mobil jenis MPV jelas berbeda ukuran dengan ban mobil jenis SUV. Oleh karena itu, kamu harus paham mengenai kode-kode ban mobil yang terukir pada permukaan samping ban. Karena semua informasi mengenai ban mobil dimuat pada kode ban mobil tersebut. Misalnya, terdapat kode ban mobil 210/60/R14 91 V artinya

  • angka 210 menunjukan lebar telapak ban dalam satuan mm
  • angka 60 menunjukan aspek rasio ketebalan ban mobil dalam persentase atas lebar tapaknya.
  • angka 14 menunjukan diameter velg mobil
  • angka 91 menunjukan indeks beban maksimum

Sedangkan huruf V, menandakan batas kecepatan maksimum. Karena setiap jenis ban mobil memiliki kode ban mobil yang berbeda, seperti ada kode S, Q, H, Z, dan lain sebagainya.

5. Memilih Ban Mobil Yang Sesuai Dengan Desain Alur

Cara memilih ban mobil yang selanjutnya adalah dengan memilih ban sesuai alur, pola atau motifnya. Mengapa memilih ban mobil harus sesuai dengan alur, pola, atau motifnya? Hal ini dikarenakan, jika tidak diterapkan bisa memperbesar gesekan ban dengan jalan.

Sehingga apabila gesekan yang terjadi kecil maka resiko tergelincir semakin besar. Kondisi jalanan yang basah disarankan menggunakan pola desain V. Karena desain alur V mempunyai daya gesek tinggi sehingga sangat pas dipakai pada jalanan yang licin dan berair. Sedangkan untuk kondisi jalanan yang panas, seperti gurun maka jenis desain alur tapak bulat sangat pas untuk dipilih dan hindari desain ban mobil yang memiliki banyak guratan.

Nah itu dia, 5 tips memilih ban mobil yang tepat agar nyaman digunakan. Kamu bisa membeli ban mobil di diler resmi HSR Wheel yang telah tersebar pada seluruh kota yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Apakah Ukuran Ban Mobil Harus Sama Persis?

 

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022