Tips Memilih Head Unit Mobil, Agar Tidak Salah Pilih

Ketika kamu sedang berada di perjalanan yang cukup jauh, kemudian perjalanan tersebut macet pasti kamu mebutuhkan sebuah hiburan agar tidak bosan. Saat ini ada banyak teknologi yang bisa membuat kamu terhindar dari rasa bosan ketika berada di dalam mobil. Salah satunya adalah menggunakan head unit mobil yang memiliki banyak fitur.

Dengan memakai head unit, kamu bisa mendengarkan lagu bahkan saat ini banyak head unit yang sudah support dengan Spotify ataupun Youtube. Jadi, kamu bisa lakukan streaming lagu dan video ketika kamu merasa bosan di tengah kemacetan. Masih ada banyak lagi keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat mengganti head unit standar dengan aftermarket. Apa lagi jika audio di mobil kamu juga di upgradre.

Faktor yang diperhatikan Saat Memilih Head Unit

Jika saat ini mobil kamu masih memakai head unit standar dan ingin menggantinya dengan head unit aftermarket, kamu perlu pikirkan matang-matang. Sebab, kamu tidak bisa sembarangan saat memilih head unit. Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan saat memilih dan mengganti head unit mobil agar tidak menyesal setelah memasangnya.

Faktor yang Perlu diperhatikan Saat Memilih Head Unit

Jangan biarkan kamu menyesal setelah membeli dan mengganti head unit karena mendapatakan head unit yang tidak sesuai dengan keinginan kamu. Untuk itu, kamu bisa ikuti beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih Head unit berikut ini.

Perhatikan Layout Head unit Pada Mobil

Jika kamu memiliki mobil keluaran terbaru,umumnya memiliki layout heaunit Double Din (2Din). Perlu kamu ketahui juga, head unit Doubel Din, memerlukan layout panel berukuran 180 x 100 milimeter, yang berarti dua kali besar dari Single Din (1Din). Untuk mobil keluaran lama, seperti mobil-mobil buatan tahun 80-2000an umumnya masih memakai layout panel Single Din.

Perhatikan Merek

Ketika kamu sudah memiliki keinginan untuk mengganti head unit mobil, perlu kamu lakukan riset terlebih dahulu tentang produk-produk head unit. Kamu perlu cari tahu merek-merek head unit yang ada di pasaran, kemudian merek mana yang memiliki kualitas yang bagus dan banyak digunakan oleh banyak orang. Sebab, saat ini juga banyak head unit yang memiliki harga murah bahkan memiliki fitur yang banyak namun memiliki kualitas yang kurang baik.  Biasanya bagian layar sentuh head unit murah lebih cepat rusak.

Tentukan Budget

Hal ini adalah yang sangat perlu kamu pertimbangkan dalam membeli apapun. Jadi untuk mengganti atau meng-upgrade head unit, sebaiknya kamu tentukan dahulu budget yang kamu sediakan untuk membeli head unit. Hal tersebut bisa mempermudah kamu dalam memilih head unit karena kamu tidak akan memilih head unit yang harganya di luar budget yang sudah dialokasikan.

Perhatikan Fitur-Fiturnya

Pastinya kamu mengganti head unit standar dengan head unit aftermarket karena kamu mengincar fitur hiburan yang tidak dimiliki head unit standarnya. Maka dari itu, sebelum membelinya kamu perlu ketahui kemampuan dan fitur apa saja yang dimiliki head unit aftermarket. Saat ini fitur-fitur head unit sudah sangat canggih-canggih. Tidak hanya sebagai komponen mobil untuk mendengar radio, tapi juga bisa alat navigasi. Bahkan saat ini, hampir semua head unit sudah memakai operasi sistem Android, sehingga banyak yang bisa kamu lakukan dengan head unit tersebut.

Kompatibel dengan Smartphone

Sebagai saran, kamu sebaiknya mencari head unit yang sudah kompatibel dengan smartphone. Mengapa demikian? Karena untuk kamu yang mengendarai mobil memerlukan fitur ini agar kamu tetap bisa fokus berkendara namun tetap bisa mengakses smartphone kamu. Saat ini sudah banyak head unit yang sudah mendukung fitur Android Auto dan Apple Car Play. Jika budget kamu tidak cukup untuk membeli head unit yang memiliki fitur Android Auto ataupun Apple Car Play, kamu bisa membeli head unit yang memiliki fitur mirroring.

Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut bisa membuat kamu mendapatkan head unit yang diinginkan. Perlu kamu ingat juga, mengganti head unit tidak bisa sembarangan karena berbahaya apa lagi pemasangan tidak dilakukan oleh ahlinya. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu bisa datang ke toko-toko audio terpercaya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan