Tips Merawat Ban Mobil Ketika Musim Banjir

Tips Merawat Ban Mobil

Tips Merawat Ban Mobil – Ban mobil adalah salah satu komponen yang penting yang ada pada mobil. Karena peran pentingnya tersebut, maka kondisi ban mobil ini perlu diperhatikan secara khusus. Ban sendiri memiliki membantu dalam hal kenyamanan dan juga keselamatan ketika berkendara. Maka dari itu, ban mobil membutuhkan pengecekan dan juga perawatan secara berkala.

Apalagi saat ini kondisi cuaca sudah mulai memasuki musim penghujan yang dimana perlu perhatian lebih lagi untuk kondisi ban mobilnya. Biasanya, pengecekan dan perawatan bisa dilakukan dengan melakukan rotasi ban, memeriksa tekanan udara, melakukan balancing dan spooring, serta mempersiapkan selalu ban cadangan yang kondisinya baik dan siap pakai.

Tips Merawat Ban Mobil

Namun, pengecekan yang paling standar dan bisa dilakukan diri sendiri adalah dengan memeriksa tekanan udara pada ban mobil. Pemeriksaan ini sangat mendasar dan juga mudah diketahui hanya melihat dan juga menekan ban mobil. Standar tekanan udara yang ada pada ban mobil juga perlu dicek. Biasanya, standar ukuran tekanan udara pada ban bisa dilihat di pilar B pada bagian pintu depan kanan di sisi pengemudi. Informasi mengenai tekanan udara yang standar juga bisa kamu lihat pada buku panduan manual kendaraan.

Namun, untuk merotasi ban bagian depan dan juga belakang. Kamu harus melakukannya secara berkala dengan tujuan agar tingkat keausan ban bisa merata dan tentu saja kenyamanan penumpang akan tetap terjaga. Rekomendasi yang tepat ketika ingin melakukan rotasi ban adalah setiap kelipatan 10.000 kilometer.

Spooring dan juga balancing disarankan untuk melihat kelurusan ban. Spooring dan juga balancing ini baiknya dilakukan setiap 10.000 kilometer bersamaan dengan melakukan rotasi ban. Selain itu, kamu juga perlu melakukan spooring dan balancing ketika merasakan kemudi mobil bergetar atau sudah tidak lurus lagi. Atau mobil bergerak ke kanan atau ke kiri dengan sendirinya. Hal tersebut merupakan tanda bahwa kaki-kaki mobil kamu perlu dilakukan spooring dan juga balancing.

Muatan yang diangkut oleh mobil pun mempengaruhi kondisi ban mobil. Usahakan jangan melebihi standar kapasitas beban angkut mobil karena akan mengganggu fungsi ban dan juga pengereman sehingga berpotensi besar membahayakan keselamatan dan juga kenyamanan ketika berkendara.

Lalu, sebagai pemilik mobil juga sebaiknya secara berkala memeriksa kondisi ban mobil cadangan. Walaupun hanya sebagai cadangan, namun ban cadangan harus tetap dipastikan kondisinya berfungsi baik dan siap digunakan kapanpun.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan