Kategori: Tips Otomotif

5 Tips Merawat Kopling Mobil Agar Awet

Tips Merawat Kopling Mobil – Merawat kopling mobil sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan perlu perhatian lebih dari sang pemilik mobil. Walaupun begitu, sebagai pemilik mobil juga tak boleh menyepelekannya begitu saja. Karena memang cara seseorang mengemudikan mobil tentu saja akan sangat mempengaruhi usia kopling. Maka dari itu, diperlukan pengetahuan terhadap merawat kopling mobil yang tepat untuk mencegah terjadinya kerusakan yang mungkin hadir pada kopling mobil kamu.

Perawatan pada kopling ini sangat penting dilakukan karena memang apabila kopling mobil rusak, maka biaya yang diperlukan untuk melakukan perbaikan atau penggantian cukup mahal yang disesuaikan dari tingkat banyaknya suku cadang yang perlu diganti. Melihat hal tersebut, sudah sangat jelas bahwa merawat kondisi kopling mobil itu sangat penting dan perlu rutin dilakukan. Karena hal tersebut penting, maka ada beberapa cara untuk melakukan pencegahan dan perawatan kopilng mobil agar tidak cepat rusak.

Tips Merawat Kopling Mobil

Untuk itu berikut ulasan mengenai cara merawat kopling dan juga pencegahannya agar tidak cepat rusak yang bisa kamu simak di bawah ini :

Hindari Kaki Pada Pedal Kopling Telalu Lama

Untuk menghindari kopling rusak, hindari meletakkan kaki pada pedal kopling terlalu lama. Hal tersebut karena ketika kaki menginjak pedal kopling dalam waktu yang cukup lama. Maka risiko keausan pada plat kopling da clutch clover akan semakin besar. Bahkan hal tersebut bisa merusak bagian release bearing. Sehingga hal tersebut sangat penting untuuk dihindari.

Hindari Penggunaan Setengah Kopling Ketika Berhenti

Menginjak kopling hanya setengah ketika berhenti ataupun dijalanan menanjak sebaiknya dihindari. Apabila kamu berada diposisi jalan menanjak dan kondisi sedang dalam keadaan macet maka sebaiknya gunakan saja hand rem atau tromol untuk menahan mobil agar tidak mundur ke belakang. Karena memang, jika kamu menggunakan kopling setengah dengan terus menerus akan membuat kampas kopling menjadi tipis dan cepat aus.

Cek Kondisi Kopling

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu memeriksa kopling terlebih dahulu dari adanya potensi kebocoran minyak kopling. Maka dari itu sebelum berangkau rutin periksa bagian tersebut untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih besar lagi.

Periksa Setelan Kopling

Bagi mobil yang menggunakan sistem tali kopling, pemeriksaan ini cukup lah penting. Karena memang sistem kopling seperti itu cukup rawan terhadap kerusakan, khususnya pada bagian tali kopling. Dimana, hal tersebut dapat mempengaruhi pedal kopling dan juga sistem clutch kopling. Maka dari itu, setelan kopling pada mobil juga perlu dicek pada perawatan mobil berkala kamu.

Sesuaikan Gigi Mobil dengan Kecepatan

Apabila kamu menggunakan antara gigi mobil dan kecepatan mobil tidak sesuai, maka hal tersebut akan mempercepat masalah kerusakan pada kopling. Contohnya saja ketika transmisi gigi pada posisi satu, namun kecepatan mobil sedang berada di 30 km/jam. Tentu saja kondisi tersebut akan merusak mesin sekaligus kopling karena antara posisi gigi dengan kecepatan laju mobil tidak sesuai. Maka dari itu, ada baiknya kamu bisa menyesuaikan antara kecepatan mobil dan juga posisi gigi transmisi agar tercipta harmonisasi antara transmisi dan juga kecepatan mobil.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu