Tips Merawat Velg Mobil Agar Awet dan Mengkilap!

merawat velg mobil

Mobil yang sering di service atau menjalani perawatan secara rutin sudah bisa dipastikan memiliki komponen yang lebih awet dan juga terjaga. Tak terkecuali bagian kaki-kaki mobil, yaitu velg. Velg mobil ibarat sebuah sepatu, jika kamu merawat velg mobil dengan baik maka kamu akan mendapatkan kenyamanan, keamanan, dan juga tampilan keren sekaligus.  

Maka, untuk selalu menjaga kualitas dan penampilan velg tersebut, dibutuhkan sebuah perawatan. Perawatan yang dilakukan pun tak boleh asal-asalan, harus dilakukan hati-hati agar velg selalu tampil keren dan juga mengkilap. Untuk mengetahuinya, simak tips merawat velg mobil di bawah ini.

merawat velg mobil

Cuci Velg dengan Cara dan Waktu yang Tepat

Saat akan mencuci velg, hindari dilakukan pada saat cuaca atau kondisi velg sedang panas. Hal ini sangat beresiko menimbulkan jamur tumbuh pada velg. Selain itu, saat mencuci velg pastikan kamu menggunakan sabun atau sampo mobil yang tepat dan tidak menambahkan kandungan berbahan abrasive yang mampu mengikis lapisan velg seperti minyak atau bensin untuk membuatnya licin atau mengkilap.  

Jika mencuci velg dilakukan sendiri, gunakan alat atau sikat lembut untuk menjangkau celah-celah yang sulit dijangkau tangan pada bagian velg. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kerak karat dan menghindari lecet yang terjadi akibat gesekan sikat kasar.

Sesekali kamu juga bisa melepaskan velg dalam proses pencucian mobil agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memudahkan kamu membersihkan bagian velg secara detail pada celah-celah yang sulit dijangkau.

Gunakan Kain Lap Mobil yang Lembut

Kain lap mobil yang lembut dapat membuat velg menjadi lebih awet dan terjaga kualitasnya. Hindari penggunaan lap mobil yang kasar karena dapat menimbulkan goresan-goresan pada lapisan velg. Selain itu, biasanya kain lap yang kurang lembut tidak dapat menyerap air dengan sempurna.

Selain itu, jika terkena cipratan lumpur, kotoran kecil atau butiran pasir pada velg, kain tidak dapat menyerap secara langsung dan malah memicu terjadinya goresan karat baru akibat gesekan yang dihasilkan antara kain dan butiran pasir pada lapisan velg. Sebaiknya, gunakan kain lap mobil yang lembut seperti kain microfiber, kanebo, atapun wash mitt yang memiliki permukaan lembut dan tidak membuat goresan pada mobil.

Kain lap yang lembut juga berguna untuk mengelap velg yang kotor akibat genangan air saat hujan, melintasi jalanan berlumpur, dan yang lainnya. Sebab jika tidak di lap akan meninggalkan noda pemicu terjadinya kerak yang merusak lapisan velg.

Pilih Cairan Pembersih Velg Berkualitas

Memilih cairan pembersih velg yang tepat merupakan salah satu cara untuk merawat velg menjadi lebih awet dan tampil mengkilap. Kerap kali saat membersihkan atau sedang mencuci velg banyak yang masih menggunakan sabun atau sampo yang kurang tepat. Penggunaan cairan pembersih yang kurang tepat hanya akan membuat velg menjadi lebih kusam dan meninggalkan jejak atau bekas saja.

Velg yang kusam tentu saja tidak mengkilap dan kurang menarik dipandang. Sebab itu, gunakan cairan pembersih yang diperuntukan khusus untuk velg. Biasanya di pasaran banyak beredar  pembersih velg khusus dalam bentuk foam, gel, dan cair. Cairan pembersih velg ini umumnya diapliksikan saat velg dalam keadaan kering setelah proses terakhir pencucian.

Hindari Jalanan Berlubang

Untuk membuat velg awet lebih lama, hindari sering menghantam jalanan berlubang atau melintasi medan jalan yang kondisinya kurang baik. Tidak dapat dipungkiri saat kamu sedang berada dalam kecepatan tinggi, lalu tidak sengaja menghantam jalanan rusak dan berlubang, maka velg menjadi rusak bahkan penyok akibat tak mampu menahan tekanan yang didapatkan. Sebaiknya kamu harus lebih berhati-hati lagi dalam mengendarai dan memilih akses jalan yang baik untuk dilintasi.  

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan