Berita Otomotif

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil – Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg mobilmu. Velg meskipun berada di bagian bawah mobil namun akan mempengaruhi tampilan keseluruhan mobilmu. Bagi pencinta mobil, modifikasi velg mobil merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini karena akan membuat mobil kamu terlihat lebih menawan.

Modifikasi velg mobil merupakan hal yang sulit dilakukan khususnya bagi kamu yang minim pengetahuan otomotifnya. Kamu wajib mengetahui ukuran diameter velg standar mobilmu. Untuk mengetahui ukuran diameter velg, kamu bisa mengukur dari tengah hingga ke bahu ban.

Kamu harus tahu bahwa setiap jenis mobil memiliki ukuran diameter velg mobil yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui jenis mobil dan ukuran diameter velg mobilmu sebelum kamu modifikasinya.  Tujuannnya agar kamu tidak salah pilih nantinya.

Berikut tips modifikasi velg mobil agar terlihat keren. Yuk simak artikel di bawah ini sampai selesai!

Baca juga: Tampil Beda dengan Velg Custom dari HSR Wheel

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Setiap jenis mobil memiliki ukuran diameter velg yang berbeda-beda. Penting sekali untuk mengenali jenis mobil yang kamu miliki sebelum kamu modifikasi. Berikut tips modifikasi velg sesuai dengan jenis mobilmu.

1. Perhatikan Ukuran Velg

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penting sekali untuk memperhatikan ukuran velg mobilmu sebelum kamu modifikasi.  Untuk ukuran velg mobil brio biasanya berukuran 14 inci dengan Pitch Centre Diameter (PCD) 4×100 dan ukuran ban standar yaitu sebesar 175/65/ R14.  Yang artinya bahwa jika kamu ingin mengganti velg mobil briomu maka kamu harus menggunakan ukuran ban sekitar 195/45 sampai 215/35 dan tidak boleh menggunakan velg mobil lebih dari 17 inci.

Tujuan memperhatikan ukuran velg mobil adalah untuk mencegah ban mobil agar tidak mentok dengan spakbor. Jika kamu salah memilih ukuran diameter velg mobil maka akan menimbulkan masalah pada ball joint, bearing roda, hingga akan mengganggu performa kecepatan mobilmu.

2. Perhatikan Lebar Velg dan Ketebalan Ban Mobil

Selain memperhatikan ukuran diameter velg maka kamu juga harus memperhatikan lebar dan ketebalan ban. Untuk menambah ukuran velg 1 inci maka kamu harus mengurangi ketebalan ban mobil sebesar 5 sampai 10 persen dari ukuran standarnya dan mengurangi lebar tapak ban sebesar 10 milimeter.

Tujuan kamu memperhatikan lebar velg adalah agar tidak memiliki pengaruh terhadap kaki-kaki. Jika lebar velg terlalu ekstrim maka akan mempengaruhi bibir velg atau akan menyentuh bagian dalam fender.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan load rating dan tingkat kecepatan ban baru mobilmu lebih tinggi dari ban standarnya.

3. Perhatikan Spesifikasi Baut

Memperhatikan spesifikasi baut pada velg mobil sebelum kamu memodifikasi merupakan hal yang tidak kalah penting loh. Karena setiap mobil memiliki spesifikasi baut yang berbeda-beda.

Ada mobil yang memiliki jumlah lubang baut empat, lima, dan sebagainya. Ukuran baut biasanya tertulis 4×114 atau 5×114. Maksudnya angka 4 itu berarti jumlah lubang baut dan angka 114 berarti jarak diameter antara satuan milimeter dengan baut.

4. Perhatikan Kualitas Velg

Sebelum membeli velg mobil, penting sekali untuk memperhatikan kualitas velg. Cara mengukur kualitas velg bisa dengan menggantung velg mobil dengan karet atau memukul velg mobil dengan obeng. Tujuannya untuk mengetahui bunyinya. Jika velg mobil kamu mempunyai bunyi yang halus maka velg mobil kamu sudah berkualitas.

Sementara jika velg mobil kamu memiliki bunyi yang keras dan berdengung sangat singkat maka velg mobil kamu memiliki kualitas yang buruk. Oleh karena itu, kamu perlu menguji velg mobil sebelum kamu membelinya karena akan berpengaruh terhadap kekuatan velg itu sendiri.

Jadi, jika kamu ingin modifikasi velg mobilmu. Kamu bisa banget mengunjungi bengkel mobil terdekat di kotamu kecuali kamu memiliki pengetahuan tentang otomotif maka boleh-boleh saja kamu modifikasi velg mobilmu sendiri. Jangan sampai mobilmu rusak karena kamu salah memilih velg mobilmu. Semoga membantumu.

 

 

 

Artikel Terbaru

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022

Velg Mobil Panas Sebelah? Gini Solusinya!

Velg mobil panas merupakan sesuatu hal yang wajar namun jika panasnya terlalu berlebihan pertanda bahwa… Selengkapnya

25 Mei 2022

Alasan Busi Mobil Harus Diganti Secara Rutin

Busi merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian. Fungsi utamanya, yaitu untuk membakar campuran bensin dan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Modifikasi Corolla DX Classic Retro

Corolla DX merupakan mobil sedan klasik yang masih dicari oleh kalangan anak muda. Mobil sedan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Biaya Perawatan Mobil Matic vs Manual, Lebih Mahalan Mana?

Saat hendak membeli mobil baru, transmisi menjadi salah satu bahan pertimbangan. Alasannya karena akan mempengaruhi… Selengkapnya

23 Mei 2022

Bingung Cara Menghitung Penyusutan Harga Mobil? Begini Caranya!

Daya beli mobil semakin meningkat. Sekarang kamu dengan mudahnya memiliki satu unit mobil tanpa perlu… Selengkapnya

21 Mei 2022