Fungsi Tombol Overdrive pada Mobil Matic

Tombol Overdrive

Pada beberapa jenis mobil matik saat ini sudah disematkan dengan fitur overdrive, posisinya sendiri menempel di sekitar tuas transmisi. Secara umum, fitur ini sangat berguna ketika mobil hendak menyalip atau pada saat menanjak. Tombol overdrive ini biasanya memiliki tanda dengan logo ‘O/D’, yang apabila ditekan malah akan non-aktif.

Fungsi Tombol Overdrive pada Mobil Matic

Jadi di dalam keadaan normal, overdrive sebenarnya sudah aktif secara otomatis. Dan pada saat tombol fitur ini ditekan, maka di layar instrument MID akan muncul simbol ‘O/D Off’. Fungsi utama dari overdrive adalah untuk membatasi sistem percepatan perpindahan gigi. Hal ini artinya transmisi tidak bekerja dengan seluruh perbandingan gigi yang tersedia.

Misalnya pada mobil dengan 4-percepatan, transmisi akan bekerja hingga rasio gir ketiga saja. Secara teknis sendiri, ketika overdrive dinonaktifkan, maka putaran transmisi yang maksimal akan sama saja dengan putaran mesin.

Sementara ketika overdrive dibiarkan dalam keadaan aktif, alias tidak ditekan, maka putaran transmisi akan lebih besar dibandingkan putaran mesin. Ketika overdrive dinonaktifkan, konsekuensinya konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih boros. Karena dengan transmisi otomatis yang menahan transmisi di gigi 3 membuat putaran mesin akan meraung lebih tinggi.

Di sisi lain, torsi mobil akan berubah menjadi lebih besar. Tidak heran apabila penggunaan overdrive ideal diaktifkan ketika membutuhkan tenaga atau putaran besar untuk mendorong mobil ketika berada di tanjakan atau pada saat menyalip.

Sementara untuk perjalanan normal, seperti di jalan tol ada baiknya overdrive diaktifkan saja untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dan juga kecepatan yang lebih tinggi. Dan ketika kamu sedang berkendara melewati tanjakan curam atau terjebak macet dengan kondisi jalan yang merayap, maka ada baiknya tidak hanya tombol overdrive saja yang ditekan. Melainkan tuas transmisi pun harus diturunkan ke posisi 2 atau 1. Dengan melakukan ini maka torsi mobil bisa menjadi lebih besar dan tentunya membuat mesin akan menjadi jauh lebih ringan untuk melahap medan jalan seperti itu.

Dan itu dia fungsi tombol overdrive pada mobil matic yang tentunya perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya lebih dalam. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan