Uji Emisi Mobil: Pengertian, Ambang Batas, dan Manfaat

Pengertian Uji Emisi Mobil dan Manfaatnya

Uji emisi mobil adalah alat yang digunakan untuk mengukur kendaraan tersebut layak untuk berkendara di Jalan Raya atau tidak. Setiap kendaraan diharuskan untuk melakukan uji emisi. Apabila melalui ambang batas maka kendaraan tersebut tidak diperkenankan untuk berkendara di jalan raya. Uji emisi dilakukan di setiap kota-kota yang ada di Indonesia terutama kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan lain sebagainya.

Mengapa uji emisi menjadi syarat penting dalam setiap mobil? Karena dengan adanya uji emisi bisa memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Sebelum membahas mengenai manfaat uji emisi mobil bagi lingkungan. Berikut ini pengertian uji emisi dan berapa ambang batas agar bisa lolos uji emisi. Simak ulasan di bawah ini sampai habis!

Baca Juga: Jika Mobil Tidak Lulus Uji Emisi, Ini Dia Solusinya!

Pengertian Uji Emisi Mobil

Pengertian Uji Emisi Mobil dan Manfaatnya
Pengertian Uji Emisi Mobil (Sumber: Suara.com)

Uji emisi mobil adalah salah satu upaya oleh Pemerintah untuk menguji kinerja mesin yang terdeteksi oleh monitor khusus. Uji emisi memiliki dampak positif terhadap keberlanjutan lingkungan, seperti visi Presiden Joko Widodo.

Uji emisi bisa mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin. Pengujian ini memiliki ketentuan khusus bagi beberapa jenis kendaraan untuk lulus sesuai dengan kriterianya. Apabila suatu kendaraan tidak lolos uji emisi maka kendaraan tersebut perlu dirawat agar kesehatan mesin mobilnya bisa optimal kembali. Setelah mengetahui apa itu uji emisi, berikut ini manfaat uji emisi mobil. Simak ulasan dibawah ini sampai habis!

Manfaat Uji Emisi Mobil

Manfaat Uji Emisi
Manfaat Uji Emisi

Uji emisi memiliki banyak manfaat terutama bagi lingkungan. Dengan adanya uji emisi maka kamu bisa mengetahui kadar buangan dari hasil pembakaran mesin yang akan berdampak terhadap lingkungan. Selain bisa mengurangi pencemaran udara terhadap lingkungan. Uji emisi juga bermanfaat terhadap tubuh manusia.

Semakin sedikit kamu menghirup gas CO maka akan membuat paru-paru semakin sehat. Namun, apabila kendaraan tersebut tidak lolos uji emisi. Jika gas yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut terhirup oleh tubuh kita, akan menyebabkan paru-paru rusak karena terlalu banyak gas CO.

Batas Ambang Lolos Uji Emisi Mobil

Batas Ambang Lolos Uji Emisi
Batas Ambang Lolos Uji Emisi (Sumber: DetikNews.com)

Batas ambang lolos uji emisi mobil tergantung dengan jenis kendaraan tersebut. Berdasarkan data dari peraturan pemerintah DKI Jakarta, batas ambang lolos uji emisi untuk mobil berbahan bakar bensin produksi di bawah tahun 2007 adalah wajib mempunyai kadar CO2 di bawah 3 persen. Sementara mobil keluaran di atas 2007 kadar CO2-nya tidak boleh lebih dari 1.5 persen.

Batas ambang lolos uji emisi berbahan bakar diesel dengan bobot kendaraan 3.5 ton untuk keluaran di atas 2010 wajib memiliki kadar CO2 40 persen. Sedangkan untuk mobil diesel keluaran di bawah tahun 2010 wajib memiliki kadar CO2 tidak boleh lebih dari 50 persen.

Nah, itu dia pengertian uji emisi mobil, manfaat, dan batas ambang lolos uji emisi mobil. Apabila mobil kamu belum lolos ambang batas, maka kamu harus rajin untuk melakukan service kendaraan minimal enam bulan sekali.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan