Velg Mobil Panas Sebelah? Gini Solusinya!

Velg Mobil Panas

Velg mobil panas merupakan suatu hal yang wajar, namun jika panasnya terlalu berlebihan pertanda bahwa velg mobil sedang bermasalah. Velg mobil panas dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena rem cakram bermasalah. Ketika sedang melakukan pengereman, biasanya piston rem akan menekan kanvas secara hidrolik ke tromol atau disc brake. Akibatnya putaran roda berkurang atau berhenti.

Hal ini juga terjadi pada pedal rem, saat pedal rem dilepas maka kanvas rem akan berhenti dan tidak akan saling bersinggungan dengan piringan dan tromol. Pada umumnya, panas terjadi karena piston terlambat untuk datang kembali atau tidak akan kembali lagi setelah menekan kanvas.

Tidak hanya itu saja, velg yang panas juga bisa disebabkan karena salah satu piston tidak bisa bergerak atau macet, maka kanvas akan terus menekan piringan atau tromol. Hal ini akan terus berulang-ulang dan mengakibatkan timbul panas pada bagian velg.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tunggulah sampai velg agak dingin. Setelah itu, dongkrak mobil hingga posisi ban dalam keadaan menggantung, kemudian putar roda secara manual. Apabila ban mobil sulit untuk diputar, bisa jadi rem macet yang membuat velg menjadi panas.

Jika hal itu terjadi maka segera carilah bengkel terdekat dan usahakan untuk tidak menggunakan mobil tersebut sampai masalahnya teratasi. Namun, apabila tidak menemukan bengkel terdekat, berhati-hatilah saat mengemudi. Usahakan untuk tidak mengebut dan gunakan rem tangan agar mobil tidak bergerak. Sebab, rem yang macet akan membahayakan keselamatanmu saat diperjalanan.

Baca Juga: Ganti Velg Mobil Jadi Boros?

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan