Ini Dia, Waktu Terbaik Untuk Ganti Minyak Rem Mobil

Ganti minyak rem mobil

Pengereman merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu kendaraan untuk menghentikan laju. Minyak rem mobil merupakan salah satu komponen terpenting dalam komponen pengereman. Minyak rem mobil memiliki peran penting dalam memberikan pelumas ke logam pada bagian cakram dan kampas.

Banyak pemilik mobil yang berasumsi bahwa mengganti minyak rem bukanlah hal yang penting. Padahal, mengganti minyak rem mobil secara berkala menjadi hal yang wajib dilakukan untuk semua jenis kendaraan. Sebab minyak rem mobil memiliki masa kadarluwasanya tersendiri juga.

Lantas kapan waktu terbaik untuk mengganti minyak rem mobil? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi di bawah ini sampai tuntas ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Mengenal Jenis, Cara Kerja, dan Fungsi Minyak Rem Mobil

Waktu Terbaik Untuk Ganti Minyak Rem Mobil

waktu terbaik untuk ganti minyak rem
Minyak rem mobil

Pergantian minyak rem dilakukan setiap 2 tahun sekali atau ketika masa pemakaian mobil berada pada angka 40.000 km. Namun, tergantung kualitas dari minyak remnya. Apabila kualitas minyak rem mobil bagus maka bisa bertahan lebih dari 2 tahun, tapi jika kualitas minyak rem mobil relatif lebih rendah, mungkin setahun saja sudah ngempos.

Semakin banyak air yang keluar maka akan membuat titik didihnya terus menurun. Tentu hal ini sangat berbahaya karena bisa membuat rem mobil blong. Apalagi saat dalam posisi kecepatan tinggi kita mengerem.

Titik didih minyak rem mobil berada di angka 240—260 derajat celsius. Apabila tidak diganti dalam waktu lama maka, titik didihnya akan stagnan di angka 160 derajat celsius dan tentu itu sangat berbahaya. Nah itu dia, waktu terbaik untuk ganti minyak rem mobil yang perlu kamu ketahui untuk menghindari rem mobil blong.

Baca Juga: Jangan Malas Ganti Minyak Rem Mobil, Ini Bahayanya Jika Abai

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan