Busi Kotor, Ketahui Cara Membersihkannya

Busi mobil merupakan salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan kondisinya. Jika busi berada dalam keadaan kotor, tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kenyamanan saat berkendara. Nah, berikut ini cara yang bisa mudah yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan busi mobil yang kotor di rumah.

Bagaimana Tanda Busi Kotor?

Hal pertama yang bisa kamu lakukan, yakni dengan memperhatikan dari suara mesin mobil kamu. Jika suara mesin terdengar halus, maka kondisi busi masih berada dalam keadaan bersih. Namun sebaliknya, jika kasar berarti busi tersebut sudah kotor. Selain itu, jika mesin mobil kamu susah dinyalakan, maka hal itu juga bisa menjadi pertanda jika busi mobil kamu sudah kotor. Sehingga, kamu perlu untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Busi 

Cara Membersihkan Busi KotorAda beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan busi mobil kamu secara mudah. Berikut ini penjelasannya.

Pastikan Dalam Kondisi Dingin

Langkah pertama adalah dengan menunggu mesin berada dalam kondisi yang dingin. Jangan sampai kamu memaksakan diri karena akan membuat kulitmu menjadi terbakar saat menyentuh komponen mesin.

Rendam Busi dengan Bensin

Setelah melepas busi, kemudian kamu bisa menyiramkan bagian kepala busi dengan bensin. Pastikan kamu hanya menyiramkannya sedikit saja dan jangan merendamnya karena bisa mengikis elektroda pada busi.

Sikat Kerak Busi Hingga Bersih

Sikatlah sisa karbon serta kerak yang terdapat pada busi dengan sikat kawat sampai bersih. Kemudian, kamu bisa melakukan penyiraman kembali supaya sisa kerak tersebut dapat hilang sepenuhnya.

Semprotkan Busi dengan Kompresor

Setelah itu, kamu bisa menyemprotkan busi dengan kompresor bertekanan tinggi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kotoran yang masih tersisa diharapkan bisa sepenuhnya hilang. Jika kamu tidak punya, kamu bisa mengelapnya dengan kain kering.

Periksa Kondisi Percikan Api

Jika sudah dipastikan kering, pastikan untuk mengecek kondisi percikan apinya. Jika masih bagus, maka dapat digunakan kembali. Jika tidak, maka kamu perlu menggantinya. Kamu bisa menggunakan obeng min tipis untuk merenggangkan atau merapatkan elektroda busi.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?