Cara Merawat Komponen Kaki-Kaki Mobil

Pada bagian mobil sebenarnya terdapat komponen kaki-kaki mobil yang perlu kamu perhatikan dengan baik kondisinya. Sebab, komponen ini dapat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kamu saat berkendara. Nah, simak berikut ini bagaimana cara merawat komponen kaki-kaki mobil yang tepat.

Inilah Cara Merawat Komponen Kaki-Kaki Mobil

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat komponen kaki-kaki mobil. Berikut ini penjelasannya.

Ban Mobil

Kamu bisa mulai melakukan perawatan dengan cara rutin melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ban mobil kamu. Apabila kondisi ban luar mobil kamu sudah mengalami kebotakan, maka kamu harus segera menggantinya dengan yang baru. Sebab, hal ini dapat membahayakan keselamatan diri kamu dan pengendara lainnya.

Suspensi

Suspensi sendiri bertujuan untuk menjaga kenyamanan kamu saat berkendara maupun bermanuver. Kamu bisa mulai merawatnya dengan cara mengurangi kecepataan pada saat melalui jalanan yang rusak atau pun berlubang. Begitu pula pada saat parkir. Usahakan untuk selalu memarkirkan mobil kamu di tempat yang datar atau rata serta pastikan bahwa tekanan angin pada ban mobil kamu cukup ideal.

Tie Rod

Komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara stir dan pengikat roda agar tidak berbelok ke kiri atau pun ke kanan. Adapun, untuk merawatnya agar tetap bisa berfungsi dengan baik, kamu bisa mengurangi kecepatan mobil kamu saat melalui jalanan yang terjal dan usahakan pula untuk memarkir mobil kamu dikondisi jalanan yang baik.

Ball Joint

Ball Joint merupakan komponen yang juga tak kalah penting fungsinya dengan komponen kaki-kaki lainnya. Komponen ini berfungsi untuk memudahkan agar suspensi yang bergerak menahan roda tidak terlepas dari chassis. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawatnya, yakni dengan menghindari jalanan yang rusak serta usahakan untuk menggunakan velg mobil dengan ukuran standar.

Bushing

Pada dasarnya, komponen ini bisa dikatakan cukup mudah dalam perawatannya. Kamu hanya cukup menghindari jalanan yang berlubang serta rutin untuk melakukan pengecekan secara berkala. Nah jika bushing ini mengalami masalah, tentu akan berpengaruh terhadap kenyamanan kamu saat berkendara.

Bearing

Bearing sendiri berfungsi sebagai bantalan roda agar roda dapat berputar dengan cara mereduksi atau memperkecil gaya geseknya sehingga perputarannya menjadi lebih halus dan juga lancar. Dalam hal ini, kamu bisa merawatnya dengan cara tidak mengelap grease pada bearing ketika pemasangan bearing baru tersebut.

Selain itu, jangan pula menambahkan grease secara berlebihan karena bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran pada bearing. Kamu juga bisa mengganti bearing pada kedua sisinya secara bersamaan apabila salah satunya mengalami kerusakan.

Selamat Kamu Beruntung Mendapatkan Free Maintenance dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?