WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support
Selamat datang, Pak!
Kepala Cabang Kami siap membantu Anda. Cek cabang terdekat disini.

Contact Us
Deteksi  Masalah Kaki-Kaki Mobil Sejak Dini

Kondisi jalan memang tidak selalu bagus dan mulus. Banyak kondisi jalan yang buruk, seperti bergelombang, lubangan dan batuan. Dengan kondisi jalan yang buruk, tentu dampaknya bisa membuat bagian kaki-kaki mobil bermasalah. Apalagi mobil sering menghantam lubang jalan tanpa antisipasi sebelumnya.

Dampak berkepanjangan bisa membuat kenyamanan berkendara terganggu. Kerusakan yang sering terjadi yaitu bunyi berdecit pada bagian kaki-kaki mobil. Masalah ini sering terjadi dibeberapa komponen kaki-kaki seperti bushing, tie rod, shock breaker, link stabilizer dan balljoint. Lalu bagaimana cara untuk mengetahuinya, dibawah ini dijelaskan beberapa tanda-tanda adanya masalah pada bagian kaki-kaki mobil.

  • Shock Breaker
Shock Breaker

Kegunaan dari shockbreaker pada mobil yaitu untuk meredam guncangan pada kendaraan disaat lewati jalanan yang tidak rata. Bila nantinya bagian mobil yang satu ini terasa ambles saat berkendara dijalanan tidak rata, bisa jadi fungsi dari shockbreaker mulai melemah.

  • Bushing
Bushing Mobil

Bushing berfungsi untuk membantu pengendalian roda depan mobil di saat berbelok. Kalau berbelok setir mobil tidak bisa berbalik sendiri seperti seharusnya, maka bisa khawatirkan kalau terjadi kerusakan pada bushing . Lebih jelasnya kalau terjadi kerusakan pada bushing ditandakan dengan adanya bunyi dan getaran terasa di setir mobil.

  • Tie rod dan balljoint
Tie Rod & Balljoint

Tanda kelemahan pada tie rod dan balljoint bisa dirasakan di saat kita memutar setir mobil kita. Jika setir mobil diputar terasa ringan, namun tidak membelokkan atau mempengaruhi arah mobil itu sudah pasti kalau bagian mobil ini perlu dicek. Gejala ini harus segera di atasi, kalau tidak bisa memperparah kerusakan. Mobil menjadi susah untuk dikendalikan jika keadaan melaju kencang.

  • Link stabilizer

Banyak yang sudah mengerti tanda-tanda kerusakan pada link stabilizer. Biasanya terjadi bunyi lirih kruk-kruk. Link stabilizer bagian yang berfungsi untuk menghubungkan stabilizer dengan collover shock ini akan terdengar bunyinya disaat melewati jalanan berbatu, rusak dan berlubang. Suara ini terdengar jelas.

Disarankan bila merasakan gejala-gejala seperti di atas pada kaki-kaki mobil, ada baiknya untuk segera membawa ke bengkel.