Fitur Cruise Control Pada Mobil yang Perlu Diketahui

Pada dasarnya, fitur cruise control pada mobil dapat memberi kemudahan bagi para pengemudi. Namun, kamu tetap perlu waspada. Sebab, jika kamu tidak mengetahui lebih dalam mengenai fitur ini maka akan menyebabkan terjadinya tabrakan.

Apa yang Perlu Kamu ketahui Mengenai Fitur Cruise Control Pada Mobil?

Fitur cruise control pada mobil dapat berfungsi untuk menjaga laju kendaraan agar bisa berjalan secara konstan. Akan tetapi, kamu perlu mengetahui beberapa hal agar fitur cruise control dapat digunakan secara tepat. Nah, simak berikut ini penjelasannya.

Kenali Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkannya

Fitur Cruise Control Pada Mobil

Untuk mengaktifkan fitur ini, sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol SET dan atur kecepatannya sesuai dengan keinginan kamu. Tombol cruise control juga diikuti dengan tombol “+” dan “-“. Di mana, tombol “+” sendiri berfungsi untuk menaikkan kecepatan sedangkan tombol “-“ untuk menurunkan kecepatan.

Nah untuk menonaktifkannya, ada dua cara yang bisa kamu pilih. Kamu bisa langsung menekan tombol CANCEL yang terdapat pada tombol cruise control. Selain itu, kamu juga bisa langsung menginjak pedal gas atau pedal rem. Dengan demikian, secara otomatis fitur ini akan non-aktif.

Efektif Digunakan Pada Jalan Tol

Pada dasarnya, fitur ini efektif bila digunakan di jalanan bebas hambatan atau jalan tol. Namun, jika kondisi lalu lintas mulai ramai ada baiknya kamu menonaktifkan fitur ini. Sebab, sangat beresiko terjadinya tabrakan.

Nah jika kamu melalui jalanan yang menanjak, dengan mengaktifkan fitur ini maka kecepatan mobil kamu juga ikut melambat. Namun sebaliknya, jika kamu melalui jalanan yang menurun maka kecepatan akan berubah semakin cepat. Oleh karena itu, fitur ini juga tidak tepat bila digunakan saat kondisi jalanan basah.

Dilengkapi Sensor Pendeteksi Jarak

Kelebihan dari fitur ini, yakni dilengkapi dengan sensor tertentu. Sensor tersebut menggunakan teknologi laser yang mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang berada di depannya. Mobil akan mengerem ketika jarak mobil terlalu dekat. Sedangkan jika jaraknya terlalu jauh, maka mobil akan menambah kecepatannya. Meskipun demikian, kamu tetap harus berhati-hati saat berkendara.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?