Inilah Pentingnya Mengelap Mobil Setelah Hujan

Tanpa disadari, mengelap mobil setelah hujan merupakan hal yang perlu dilakukan. Sebab, air hujan memang memiliki resiko tersendiri jika terkena mobil. Bahkan semakin tinggi kelembapan udaranya, maka semakin tinggi pula potensi karat yang akan muncul.

Bahaya Tidak Mengelap Mobil Setelah Hujan

Pada dasarnya, kamu harus langsung mengelap mobil saat terkena hujan. Sebab, air hujan mengandung PH antara 3 sampai 5 yang cenderung asam. Hal tersebut dapat memicu timbulnya jamur atau bahkan karat pada bagian bodi mobil. Apalagi, jika kamu tinggal di daerah perkotaan. Tentunya, air hujan tersebut bisa tercampur dengan polusi.

Terlebih lagi, jika setelah itu tiba-tiba cuaca menjadi panas. Maka, jamur dan karat akan lebih cepat tumbuh pada bagian bodi mobil. Selain itu, karat juga terjadi pada komponen mobil yang terbuat dari besi. Terutama pada bagian kaki mobil yang terbuat dari besi.

Dengan demikian, kamu harus segera membersihkannya. Sebab, bila dibiarkan dan mengering, maka akan muncul jamur dalam jangka panjang. Selain itu, juga dapat membuat cat mobil lebih kusam, pudar, mengering atau bahkan mengelupas. Tentu kamu tidak inginkan bila hal tersebut terjadi pada mobil kesayangan kamu.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Simak berikut ini penjelasannya.

Jangan Biarkan Mengering di Bodi Mobil

Ketika mobil kamu terkena air hujan, maka jangan biarkan air hujan mengering di bodi mobil. Sebab, bila air hujan tersebut mengering maka akan meninggalkan bekas di bodi mobil. Efek lainnya, yakni dapat merusak cat mobil.

Bersihkan dengan Menggunakan Air

Ketika mobil masih dalam kondisi basah, maka sebaiknya kamu tidak langsung mengelapnya. Sebab, kandungan garam pada air hujan berpotensi menimbulkan goresan pada cat bodi mobil. Dengan demikian, kamu perlu membersihkannya dengan menggunakan air bersih secara merata terlebih dahulu. Setelah itu, baru dikeringkan.

Mengaplikasikan Pelindung Cat Mobil

Nah, pelindung ini berfungsi untuk melindungi cat serta bodi mobil dari guyuran air hujan sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Selain pada bodi mobil, kamu juga bisa mengaplikasikannya pada bagian mesin serta komponennya.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?