WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support
Selamat datang, Pak!
Kepala Cabang Kami siap membantu Anda. Cek cabang terdekat disini.

Contact Us
Istilah Pada Velg Mobil yang Perlu Dipahami

Velg mobil merupakan komponen yang cukup berpengaruh, tidak hanya pada kenyamanan dan keamanan dalam berkendara tetapi juga penampilan mobil secara keseluruhan. Untuk menunjang hal tersebut, banyak pemilik mobil yang mengganti velg standar bawaan pabrik dengan velg variasi. Penggantian velg mobil tetap pada ukuran standar atau dengan ukuran yang lebih besar menjadi hal yang paling sering dilakukan.

Tentunya proses penggantian diameter dan desain velg ban mobil ini tidak bisa dilakukan secara asal dan tanpa dasar. Penggantian velg tak pelak memberikan efek signifikan pada tampilan dan kenyamanan maupun faktor keselamatan saat mengemudi. Maka tidak boleh keliru dalam memilih velg yang baru supaya memperkecil resiko yang mungkin terjadi.

Komponen yang Terdapat pada Velg Ban Mobil

  • Rim Marking: Istilah pertama yang musti dikenal dalam dunia velg adalah Rim Marking yang berisi informasi ukuran atau diameter velg. Umumnya pabrikan pembuat velg akan menulis Rim Marking ini dengan cara 15x7J ET 38. Artinya velg tersebut memiliki ukuran ukuran 15 inchi dengan lebar sebesar 7 inchi. Angka 38 menunjukan offset velg dalam satuan milimeter.

  • Center Bore: Semua orang yang mencoba kenal lebih dekat dengan velg dijamin familiar dengan istilah Center Bore. Center Bore sendiri merupakan lubang yang berada di samping lubang baut dan biasanya ada di tengah velg. Lubang ini meski kecil ternyata punya fungsi vital, yakni memastikan velg tetap di pusat roda. Sehingga mencegah velg bergeser yang tentu berpotensi menyebablan selip.

  • Bolt Patern: Sekitar Center Bore nantinya akan menjumpai istilah Bolt Patern. Yakni jarak antara lubang baut di dalam velg yang jumlahnya ada beberapa. Jarak ini menciptakan ruang yang tentunya bukan tanpa tujuan, yakni menjaga baut terpasang dengan benar.

  • Pitch Circle Diameter: Berdampingan dengan Bolt Patern akan dijumpai Pitch Circle Diameter yang familiar disebut dengan istilah PCD. PCD ini merupakan diameter lubang baut di bagian tengah velg dan satuan yang digunakan adalah milimeter.

  • Offset: Offset perlu diakui menjadi istilah di dunia velg yang sangat populer terutama bagi pecinta otomotif sekalipun bukan montir. Istilah ini merujuk pada lebar atau ukuran penampang tengah velg baik yang masuk ke dalam maupun ke luar. Ukuran offset yang semakin kecil akan membuat penampangnya terlihat tebal. Apabila dipasang pada mobil akan terlihat keluar dari fender.

Velg mobil memang menjadi bagian penting yang kerap diperhatikan para pemilik kendaraan roda empat. Perubahan sedikit saja sudah mempengaruhi penampilan mobil secara keseluruhan. Akan tetapi ketika melakukan modifikasi baiknya tidak asal. Paling tidak kenali semua istilah berkaitan dengan velg sesuai uraian di atas agar tidak keliru.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengganti velg ban mobil standar dengan velg HSR Wheel, untuk mendapatkan info seputar harga produk bisa langsung menghubungi kontak kami, atau langsung mendatangi toko-toko cabang TKB Group Indonesia.