Jangan Salah Gunakan Lajur di Jalan Tol, Ketahui Aturannya

Saat ini, masih banyak pengemudi yang tidak tahu mengenai lajur mana yang seharusnya digunakan saat berkendara. Nah, berikut ini beberapa lajur di jalan tol yang harus kamu pahami saat berkendara di jalan tol.

Dua Jenis Lajur di Jalan Tol

Pada dasarnya, ada dua jenis lajur di jalanan yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Lajur Kiri

Jika kamu berkendara dengan kecepatan yang lambat, maka sebaiknya kamu menggunakan lajur paling kiri atau lambat. Kecepatan idealnya, yakni sekitar 60-80 km per jam (kpj). Utamanya lajur kiri dikhususkan untuk kendaraan berat seperti truk, dump truck, bus dan kendaraan besar lainnya.

Lajur Kanan

Pada dasarnya, lajur kanan berfungsi untuk mendahului kendaraan lain. Nah jangan sampai ketika kamu sedang mendahului kendaraan lain, mobil kamu sedang berada dalam kecepatan yang rendah. Sebab, dapat mengganggu pengendara lainnya.

Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Tips Aman Berkendara di Jalan TolJalan tol merupakan jalan yang bebas hambatan. Maka dari itu, perlu sekali untuk mengetahui tips aman berkendara di jalan tol. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Jaga Jarak Aman

Untuk mejaga keselamatan diri, maka kamu perlu menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya. Idealnya, jarak antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya, yakni sekitar 10-20 meter. Nah bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa menggunakan metode “Jarak 3 Detik”.

Metode ini menggunakan selisih waktu antara mobil kamu dengan mobil yang ada di depanmu. Untuk selisih waktunya, yakni sekitar 3 detik. Selain itu, jika kamu masih bisa melihat ban mobil yang ada di depan kamu maka masih bisa dikatakan berada di jarak yang aman.

Tidak Semua Jalur Bisa Kamu Gunakan

Nah berbeda halnya dengan jalan raya, jalan tol memiliki peraturan sendiri yang perlu kamu ketahui. Termasuk dalam pemilihan jalur mana yang akan kamu gunakan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 dijelaskan bahwa tidak semua jalur bebas kamu gunakan dalam berkendara. Sehingga, kamu perlu mengetahui lebih dalam mengenai etika berkendara khususnya bila kamu berkendara di jalan tol.

Tetaplah Tenang dan Jangan Panik

Jika mobil kamu mengalami gangguan di jalan tol, maka kamu bisa memberi tanda dengan menyalakan lampu sen ke pinggir jalan. Namun, jangan langsung menurunkan kecepatan mobil kamu secara drastis sebelum berhenti. Selain itu, pastikan untuk selalu melihat spion apabila kamu ingin memotong jalan.

Selamat Anda Beruntung Mendapatkan Promo Terbaru dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?