WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 08.00 - 00.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
Kaca Mobil Berembun, Atasi dengan Cara ini

Kaca mobil berembun sering kali mengganggu penglihatan pengemudi saat hujan. Hal ini terjadi akibat tekanan suhu dalam kabin mobil lebih rendah daripada suhu di luar. Untuk mengatasinya, beberapa orang hanya mengelap kaca saja untuk menghilangkannya.

Selain lebih repot, mengelap kaca terus menerus hanya akan mengganggu konsentrasi pengemudi dan membuat kaca menjadi buram. Sebab, embun yang muncul di kaca terjadi akibat proses kondensasi. Proses ini mengubah uap air menjadi benda cair pada suhu udara yang berada di titik embun.  

Kaca mobil berembun

Mengatasi kaca mobil berembun

Saat kamu berada dalam mobil, nafas yang dikeluarkan juga mengandung banyak uap air, sehingga ketika bertemu dengan tekanan udara di dalam kabin menyebabkan tingkat kelembaban yang tinggi. Kemudian, uap yang tidak dapat ditampung oleh kabin dan tubuh manusia menempel di dinding kaca mobil. Berikut cara mengatasi kaca mobil berembun.

Nyalakan AC

nyalakan AC

Saat AC dinyalakan maka embun di kaca akan menghilang seketika, apalagi kalau kamu langsung mengatur dengan suhu paling rendah pada AC mobil, ketika suhu dalam kabin semakin dingin, maka embun di mobil akan menghilang perlahan. Namun, perlu diingat jika suhu yang terlalu tinggi saat musim hujan tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, kamu bisa mengatur secukupnya.  

Membuka kaca mobil

membuka kaca mobil

Kamu dapat membuka kaca mobil untuk membiarkan udara dari luar masuk ke dalam mobil. Namun, jika dalam kondisi hujan deras, kamu dapat membukanya sedikit agar dalam mobil tidak basah akibat terkena percikan air hujan.

Mengoleskan shampo rambut

mengoleskan sampo

Sampo biasanya mempunyai pH yang memang direkomendasikan untuk mengeringkan uap air. Kamu dapat mengoleskannya ke sela-sela kaca secara searah tanpa mencampurnya dengan air. Kamu juga dapat melakukan ini untuk persiapan sebelum berkendara.

Cairan anti embun

cairan anti embun

Kamu dapat menggunakan cairan anti embun yang telah tersedia di pasaran. Cukup dengan menyemprotkannya ke bagian dalam kaca, lalu lap kaca dengan gerakan searah berulang kali.

Gunakan defogger

Kamu dapat menggunakan defogger untuk menghilangkan embun di dalam mobil. Defogger ini terletak di bagian belakang mobil dengan kawat tipis yang bentuknya horizontal atau vertikal. Kamu dapat mengaktifkan fitur deffoger dengan menekan tombol yang bergambar persegi dengan tiga panah melengkung di dasbor mobil.