Karburator Mobil Bermasalah? Ini Penyebabnya!

Pada dasarnya, karburator memiliki peranan yang sangat penting terhadap kinerja mesin. Ada berbagai masalah yang sering terjadi pada karburator mobil kamu. Mulai dari karburator banjir hingga putaran mesin (rpm) naik-turun. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan terjadinya masalah pada karburator mobil.

Penyebab Karburator Mobil Banjir Saat Mesin Hidup

Penyebab Karburator Banjir Saat Mesin Hidup

Ada beberapa hal yang menyebabkan karburator banjir saat mesin hidup. Simak berikut ini penjelasannya.

Campuran Bensin dan Udara di Ruang Bakar

Ketidakberimbangan antara campuran bensin dan udara di ruang bakar, ternyata dapat mengakibatkan karburator menjadi banjir. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak bensin di dalam ruang pembakaran.

Saringan Bahan Bakar Kotor

Komponen ini merupakan komponen yang perlu dijaga kondisinya dengan baik. Bila tidak, maka kotoran yang terdapat dalam bahan bakar akan menempel di sela-sela katup ruang pelampung karburator. Nah kotoran yang menempel ini, dapat menyebabkan katup tidak bisa menutup bensin secara sempurna.

Selain itu, bisa juga karena kondisi komponen pelampung yang sudah rusak. Dengan demikian, bensin akan terus mengalir ke ruang pelampung. Inilah yang menyebabkan terjadinya banjir bensin pada karburator.

Penyebab RPM Karburator Naik-Turun

Penyebab RPM Mobil Karburator Naik Turun

Ada tiga hal yang juga menjadi penyebab mengapa putaran mesin (rpm) mobil naik-turun. Berikut ini penjelasannya.

Selang Vakum Karburator Retak

Sistem vakum merupakan sistem yang digunakan untuk menambah pasokan bensin ke silinder saat mesin terbebani. Cara kerjanya pun, hanya dengan menyambungkan selang dari ruang vakum karburator ke intake manifold. Nah ketika mesin terbebani, maka kevakuman pada intake akan rendah.

Hal ini pun memicu ruang vakum karburator untuk menambah pasokan bensin. Jika selang tersebut retak, maka sistem vakum akan menambah pasokan bensin ke silinder. Inilah yang menyebabkan rpm mesin kadang naik dan kadang turun.

Idle Jet Kotor

Idle jet sendiri merupakan saluran output bensin menuju ke intake manifold saat bensin berada pada rpm rendah. Saluran ini pun bisa distel melalui sekrup idle jet. Jika sekrup idle jet ini longgar, maka rpm akan cenderung naik turun.

Baut Pengikat Intake Manifold Dol

Pada dasarnya, baut yang dol dapat menyebabkan baut kehilangan daya tekan terhadap intake manifold ke arah kepala silinder. Hal ini membuat udara bisa masuk dari celah tersebut. Bahkan, mampu membuat sistem vakum karburator dan vakum advancer menjadi error. Hal tersebut juga mengakibatkan rpm menjadi naik turun.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?