Sudah merupakan keharusan jika sebelum berpergian harus mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Akan tetapi, karena kondisi tertentu misalnya terserempet entah berapapun harga ban mobil Jogja tersebut, ban mobil bisa saja mengalami pecah secara tiba-tiba. Tidak sedikit orang yang akan mengalami panik jika terjadi pecah ban mendadak apalagi untuk wanita dan sedang berpergian sendirian. Ada 4 hal penting yang harus dilakukan jika terjadi pecah ban secara mendadak.

Tips Saat Ban Mobil Pecah Mendadak

Harga Ban Mobil Jogja

1. Jangan Panik

Saat terjadi pecah ban secara mendadak, hal tersebut tidak urung akan membuat orang kaget terutama pengemudi mobilnya sendiri sehingga menimbulkan panik. Agar Anda bisa berfikir secara jernih, maka yang pertama adalah menguasai diri terlebih dahulu, dan tidak perlu terlalu panic terutama jika pecah ban terjadi di tengah jalan. Jika Anda sudah bisa tenang, maka Anda dapat berfikir untuk menentukan langkah apa selanjutnya yang harus dilakukan.

2. Hindari Mengerem Mendadak

Tanpa disadari, saat terjadi hal tidak terduga, orang akan melakukan hal yang spontan termasuk menginjak rem sat ban pecah mendadak adalah wajar. Namun, untuk mememinimalisir hal yang tidak diinginkan, misalnya terjadi kecelakaan, hindari untuk tidak menginjak rem secara perlahan. Cara tersebut bisa membuat ban slip, terutama jika ‘dipadukan’ dengan membanting stir baik ke kanan ataupun ke kiri, yang menyebabkan ban kehilangan cengkraman sehingga dapat berakibat mobil yang terbalik.

3. Genggam Stir Kuat-Kuat

Ketika terjadi pecah ban, baik saat di tengah jalan ataupun di pinggir jalan, usahakan tangan tetap kuat memegang kendali di bagian stir. Tangan bisa diposisikan di arah jarum jam 9 dan 3 atau berada di posisi horizontal. Usahakan mobil Anda untuk tetap berjalan atau berada di kondis lurus. Selain itu, tetap perhatikan sekitar Anda agar Anda tidak sembarangan juga untuk mengarahkan kendaraan. Jika sudah agak bisa mengendalikan diri, jangan lupa untuk mengarahkan kendaraan ke bagian tepi atau bahu jalan.

4. Berhenti

Jika memungkinkan, jalankan mobil dan arahkan ke pinggir jalan atau menepi agar tidak mengganggu alur lalu lintas. Setelah berhenti, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard sebagai penanda jika terjadi masalah pada kendaraan Anda. Jika Anda ada di tengah jalan, keluar secara perlahan setelah menyalakan lampu hazard dan kemudian memberi tanda misalnya dengan memasang potongan dahan atau dengan segitiga darurat. Apabila sudah di posisi yang cukup tidak mengganggu lalu lintas, hubungi bengkel terdekat atau bengkel langganan ataupun meminta bantuan ke orang terdekat.

Agar masalah ban pecah bisa segera atasi, jangan lupa untuk selalu menaruh dongkrak dan ban serep, seperti ban Zeetex yang punya harga ban mobil Jogja terjangkau, dari Kayana Motorsport Jogjakarta yang sudah terpercaya dan teruji kualitasnya.