Categories: Ban Mobil

4 Tanda Anda Harus Ke Toko Ban Mobil Jogja untuk Beli Ban Baru!

Tidak sedikit pemilik mobil yang enggan untuk ke toko ban mobil Jogja untuk membeli ban baru dan mengganti yang lama sebelum ban kendaraan roda empat tersebut aus ataupun rusak. Kebiasaan tersebut tidak hanya akan membuat kendaraan secara perlahan menjadi rusak namun juga mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara. Berikut adalah 4 indikasi jika ban mobil Anda harus diganti dengan ban baru seperti ban Accelera yang ada di Kayana Motorsport Jogjakarta.

Indikasi Ban Harus Diganti

1. Tread Wear Indicator

Indikasi TWI ini cukup mudah. Caranya dengan mengecek tanda TWI di dinding ban. Setelah itu, cek garis melintang yang terletak antara tapak ban. Jika tebal tapak ban mobil Anda sudah emndekati garis TWI maka artinya ban sudah semakin menipis dan Anda perlu untuk segera mengganti ban mobil Anda dengan ban yang ada di Kayana Motorsport yang sudah terpercaya. Jika tidak, maka kemampuan ban untuk membuang angin bisa berkurang secara drastic dan juga dapat mempengaruhi handling dan pengereman.

2. Ban Retak Halus

Ban memiliki ketahanan atau kekuatan antioksidan yang dipengaruhi tekanan angin pad aban, ozon dan kebersihan pada permukaan ban. Jika tidak diperhatikan, misalnya kebesihan pada permukaan ban, maka bisa menyebabkan penurunan kekuatan oksidan sehingga terjadi keretakan halus pada ban. Jika dibiarkan, ban akan rusak dan mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara.

3. Sobek Ban

Jika terjadi ban bocor misalnya terkena paku, mungkin masih bisa untuk ditambal. Akan tetapi, jika terjadi sobek pada ban misalnya karena terkena benda tajam, sobek tersebut sudah tidak bisa diperbaiki. Karena hal itu, mau tidak mau Anda harus mengganti ban kendaraan Anda dengan ban yang baru walaupun kondisi TWI mobil Anda masih cukup tebal.

4. Ban Benjol

Masalah yang terjadi pada ban yang kadang terlewat adalah ban yang benjol. Benjolan pada ban ini diakibatkan karena konstruksi antar kawat baja yang ada di dalam ban karet terputus dan kemudian mengembang sehingga terdapat tekanan dari dalam. Benjolan ini bisa dilihat di bagian tapak ataupun dinding ban. Jika dibiarkan maka bisa menngkatkan potensi pecah ban dan kecelakaan yang tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga orang lain. Karena hal tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan setiap hari pada ban dan jika menemukan benjol, perlu segera melakukan pergantian ban.

Jadi, jika Anda menemukan salah 1 dari tanda tersebut, jangan ragu ke toko ban mobil Jogja, Kanaya Motorsport untuk segera membeli dan mengganti ban mobil Anda.

Share

Blog Terbaru

Tanya Sekarang via WhatsApp!