Knalpot Mengeluarkan Air, Inilah Penyebabnya

Tentunya, kamu pasti pernah melihat adanya air yang keluar dari knalpot mobil kamu. Pada dasarnya, ada beberapa penyebab mengapa knalpot mobil mengeluarkan air pada pagi hari. Nah, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Knalpot Keluar Air Pagi Hari

Penyebab Knalpot Keluar Air Pagi HariPada saat memanaskan mesin mobil, tentu kamu pernah bertanya-tanya mengapa knalpot mobil kamu mengeluarkan air. Berikut ini penjelasannya.

Pembakaran di Ruang Mesin

Air yang keluar dari knalpot saat mesin baru pertama kali dinyalakan pada pagi hari, bukan berarti menandakan adanya kebocoran. Melainkan, telah terjadi proses pembakaran di dalam mesin sehingga menghasilkan gas H2O dan CO2. Pada dasarnya, bensin mengandung senyawa  karbon (C), hidrogen (H), dan udara (O2). Ketiga unsur tersebut akan menghasilkan air ketika terjadi pembakaran di ruang mesin.

Nah saat suhu normal, maka gas H2O yang dihasilkan dari proses pembakaran tersebut akan mengalami proses kondensasi. Proses tersebut menyebabkan uap-uap air berubah menjadi butiran-butiran air.

Kondensasi Dipengaruhi Suhu

Pada dasarnya, suhu sekitar yang dingin juga bisa menjadi salah satu penyebab air keluar pada knalpot saat mesin dinyalakan. Jika kamu berada di kawasan yang memiliki suhu udara cukup ekstrem, maka jangan heran jika knalpot mobil kamu mengeluarkan air. Hal ini disebabkan karena adanya embun yang terperangkap di knalpot mobil tersebut.

Saat terjadi perubahan suhu knalpot dari dingin dan lama-lama menjadi panas, maka akan ada air yang menetes dibarengi dengan asap yang keluar. Bahkan jika kamu tinggal di daerah iklim tropis pun, maka setelah hujan akan ada rembesan air yang keluar pada knalpot.

Saat Knalpot Mengeluarkan Air

Jika kamu melihat knalpot mobil kamu mengeluarkan air, maka jangan langsung mematikan mesin mobil kamu. Hal ini dilakukan agar pembakaran mesin tersebut dapat mengeringkan aliran air yang berada di dalam pipa knalpot. Akan tetapi, jika rembesan air yang keluar dari knalpot mobil kamu bukanlah air melainkan oli, maka kamu perlu melakukan pengecekan. Hal ini bisa saja menjadi pertanda jika telah terjadi kerusakan pada mesin kendaraan kamu.

 

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?