Kode Ban Mobil , Bagaimana Membacanya?

Ban dalam sebuah kendaraan memiliki peran yang sangat penting karena menjadi kaki untuk membuat kendaraan berjalan dengan normal. Ban yang tersedia di pasaran hadir dalam berbagai pilihan dengan karakternya masing-masing. Kualitas ban dipengaruhi tidak hanya dari material penyusun dan desainnya, namun juga dari diameter maupun kode ban itu sendiri.

Pemilihan ban yang tepat tidak terlepas dari penyesuaian kode ban dengan kebutuhan mobil yang dimiliki. Maka menjadi hal penting ketika seseorang yang memiliki mobil untuk memahami cara membaca kode ban. Kode ban ini umumnya terdiri dari deretan angka dikombinasikan dengan huruf. Artinya tentu mencerminkan ukuran sampai kapasitas ban tersebut.

Cara Membaca Kode Ban

Ban yang dibeli di pasaran tentunya akan memiliki kode unik, kode ini menyimpan arti yang menentukan cocok tidaknya dengan mobil kesayangan. Berikut detail informasi pada kode ban:

  1. Tiga Angka di Bagian Depan Kode ban: Jika diperhatikan kode yang tercantum di dalam ban akan dijumpai tiga angka di bagian paling depan. Angka ini menunjukan lebar dari ban bagian dalam dalam skala ukuran milimeter. Umumnya lebar ban dalam ini ada di angka 200-an, dan tidak tertutup kemungkinan lebih lebar sedikit. Bergantung pada jenis mobil yang cocok dengan lebar ban tersebut.

  2. Dua Angka di Tengah: Setelah tiga angka berjejer nantinya akan  menjumpai tanda garis miring diikuti dua angka. Dua angka ini menunjukan aspek ratio dari tinggi ban bagian dalam dibandingkan dengan lebar ban dalam. Ketika ada angka 65 misalnya maka menunjukan jika tinggi ban dalam sekitar 65% dari lebar ban dalam tersebut.

  3. Huruf Tunggal di Tengah Kode ban: Setelah angka yang menunjukan aspek ratio nantinya akan menjumpai satu huruf atau huruf tunggal. Huruf ini menunjukan material atau jenis material yang melapisi ban tersebut. Sebagai contoh adalah huruf R yang berartu radial, artinya ban tersebut dilapisi material radial. Terdapat sejumlah huruf lain yang mempresentasikan jenis bahan pelapis ban. Sehingga memberi gambaran mengenai kekuatan ban tersebut.

  4. Dua Angka Terakhir Usai Huruf di Tengah: Setelah huruf tunggal nantinya tanpa spasi atau jeda akan terdapat dua angka lagi yang berjejer. Dua angka di bagian belakang ini menunjukan diameter velg ban yang dianjurkan untuk digunakan. Apabila menjumpai angka R15 menandakan jika diameter velg yang sesuai untuk ban tersebut adalah 15 inchi. Maka mempengaruhi diameter velg yang sesuai untuk memaksimalkan fungsi dari ban tersebut. Pemilihan ban tentunya perlu dilakukan secara cermat untuk memperoleh kualitas yang baik.

Salah satu kunci sukses dalam memilih ban mobil adalah membaca kode yang tertera di badan ban itu sendiri. Kode yang terdiri atas angka dan huruf memiliki arti tersendiri yang mencerminkan kualitasnya. Sehingga baca penjelasan di atas agar tak lagi salah pilih.

Bingung cari ban yang tepat? Ban Accelera bisa menjadi solusi terbaik, dengan teknology sound resistance yang dimiliki, membuat ban ini cukup tenang. Selain itu, tiap type ban Accelera memiliki berbagai fitur yang menunjang keaman dan kenyamanan dalam berkendara.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?