WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 09.00 - 18.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
Komponen Kaki-kaki Mobil, Begini cara Merawatnya

Mobil adalah sebuah kendaraan beroda empat yang sudah banyak digunakan oleh seluruh dunia untuk menunjang kebutuhan transportasi. Selama mobil digunakan sebagai transportasi, maka diperlukan perawatan, termasuk bagian komponen kaki-kaki mobil untuk menjaga kualitas keamanan dan kenyamanan mobil. Bagaimana cara merawat kaki-kaki mobil? Berikut ini adalah uraiannya.

Merawat Kaki-kaki Mobil

Merawat Komponen Kaki-kaki Mobil

  • Ban mobil

Ban mobil atau sekaligus roda adalah komponen utama dalam kaki-kaki mobil dan terpenting. Ban mobil dibagi menjadi beberapa bagian yaitu velg, ban luar, pentil, serta ban dalam. Ban mobil perlu dilakukan perawatan seperti pengecekan kondisi ban setidaknya pada saat servis rutin agar menghindari kebotakan, dan kebocoran ban. Jika ban luar sudah mengalami kebotakan maka harus segera diganti dengan ban baru.

  • Suspensi

Suspensi adalah komponen penting untuk menjaga kenyamanan saat mobil berkendara maupun bermanuver. Beberapa tips untuk menjaga suspensi adalah mengurangi muatan berlebihan pada mobil, mengurangi kecepatan saat berada dijalan rusak atau berlubang, pastikan bahwa tekanan angin pada ban cukup ideal, memarkir mobil di tempat datar atau rata, dan selalu memperbaiki kerusakan minor.

  • Tie Rod

Fungsi Tie rod adalah sebagai penghubung stir dan pengikat roda agar tidak berbelok ke kiri atau ke kanan. Tips untuk menjaga tie rod adalah mengurangi kecepatan saat berada dijalan terjal, menggunakan velg ukuran sedang, dan memarkir mobil dikondisi jalan yang baik.

  • Ball Joint

Fungsi Ball Joint adalah sebagai penghubung lengan ayun, memudahkan untuk suspensi bergerak yang menahan roda agar tidak lepas dari chassis. Beberapa cara untuk merawat Ball Joint adalah menghindari jalan rusak, menggunakan velg mobil ukuran standar, dan berkendara dengan halus.

  • Bushing

Fungsi Bushing adalah untuk meredam getaran agar tidak mengganggu komponen logam lain yang tersambung, peran komponen kaki–kaki mobil ini berpengaruh akan kenyamanan dalam mengemudi. Beberapa tips untuk merawat bushing adalah menghindari jalan berlubang dan lakukan pengecekan secara berkala. Efek dari bushing yang bermasalah adalah berkurangnya kenyamanan serta mobil terasa melayang saat berkendara.

  • Bearing

Kaki-kaki mobil selanjutnya adalah Bearing atau laher. Fungsi bearing adalah sebagai bantalan roda agar dapat roda berputar dengan mereduksi atau memperkecil gaya gesek yang terjadi pada sumbu putar sehingga perputarannya menjadi lebih halus dan lancar.

Beberapa tips untuk merawat bearing adalah jangan mengelap grease pada bearing ketika pemasangan bearing baru, jangan menambahkan grease secara berlebihan karena akan menyebabkan menumpuknya kotoran pada bearing, kurangilah berkendala di jalan rusak, dan gantilah bearing pada kedua sisinya secara bersamaan saat salah satu bearing mengalami kerusakan.

Demikianlah, beberapa tips untuk menjaga kaki-kaki mobil agar tetap dalam kondisi baik. Sebagai informasi tambahan, usahakan agar mobil selalu diservis rutin secara berkala untuk menjaga kenyamanan dan keamanan mobil.