Lakukan 5 Cara Ini Agar Irit Bahan Bakar

Siapa yang tak ingin memiliki kendaraan irit bahan bakar? Hal ini tentu saja merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan, khususnya bagi para pemilik mobil yang kerap kali membutuhkan banyak konsumsi bahan bakar.

Jika mobil yang kamu gunakan ternyata tidak cukup efisien untuk menghemat bahan bakar, kamu tetap bisa menghemat bahan bakar dengan menerapkan beberapa langkah untuk membuat bahan bakar lebih irit. Caranya cukup mudah, simak penjelasannya di bawah ini.

irit bahan bakar

Bagaimana Cara Agar Irit Bahan Bakar?

Ada banyak hal yang menyebabkan bahan bakar menjadi boros ketika digunakan, bisa disebabkan karena mobil tidak memiliki fitur penghemat bahan bakar, pemakaian yang terlalu agresif, dan hal yang lainnya. Oleh sebab itu, ada berbagai cara untuk menghemat bahan bakar mobil kesayangan kamu.

Tidak terlalu lama panaskan kendaraan

Untuk mengirit bahan bakar mobil sebelum digunakan, kamu cukup panaskan mesin mobil sekitar 3 menit hingga jarum penunjuk suhu mesin mulai bergerak.

Sebab, ketika mesin dipanaskan mobil akan otomatis mengonsumsi bahan bakar sekitar 160cc. Jadi, jika kamu terlalu lama memanaskan mesin mobil, maka bahan bakar akan menjadi lebih boros.

Rutin cek kondisi pembakaran

Mengecek rutin kondisi pembakaran seperti komponen busi dapat mengirit bahan bakar, sebab busi termasuk komponen pemantik pembakaran pada piston kendaraan agar bergerak secara terus-menerus untuk memutar roda mesin.

Busi kendaraan yang berada dalam kondisi baik dapat mempercepat pembakaran dan mempermudah bahan bakar dalam menyuplai panas pada piston kendaraan. Selain itu, dengan mengecek busi dan komponen mobil lainnya akan membuat pembakaran mesin menjadi lebih sempurna.

Menjaga tekanan udara pada ban

Ban yang memiliki tekanan udara yang baik dapat mempengaruhi tekanan bahan bakar. Sebab, ban yang memiliki tekanan udara yang cukup akan membuat beban kendaraan menjadi ringan saat digunakan.

Artinya, jika tekanan udara ban mobil dalam keadaan rendah atau kempes, maka akan membuat kendaraan semakin berat untuk melaju. Jika kendaraan sudah berat melaju, konsumsi bahan bakar akan semakin meningkat.

Gunakan bahan bakar oktan tinggi

Bahan bakar yang memiliki oktan tinggi akan membuat kendaran kamu menjadi lebih irit. Sebab, bahan bakar oktan tinggi akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

Atur suhu pemakaian AC

Air Conditioner (AC) yang suhunya terlalu dingin di kabin mobil akan meningkatkan penggunaan konsumsi bahan bakar sekitar 12%. Oleh sebab itu, sebaiknya lebih baik kamu mengatur suhu pemakaian AC untuk mencegah suhu AC terlalu dingin yang dapat menggunakan banyak bahan bakar.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?