Material dan Proses Pembuatan Velg Mobil

Agar tidak salah dalam memilih velg, selain mengenali spesifikasi pada setiap komponen velg ada baiknya untuk mengetahui material dan juga proses pembuatan velg mobil.

Melakukan modifikasi mobil dengan mengganti velg mobil standar dengan velg mobil variasi seperti sudah menjadi keharusan bagi para pemiliki mobil. Namun bagi mereka yang terbilang masih awam, melakukan modifikasi velg mobil tersebut lebih berfokus untuk meningkatkan penampilan mobil. Padahal dengan mengganti velg selain berpengaruh terhadap tampilan mobil tetapi juga berpengaruh pada akselerasi dan handling mobil.

Material pembuatan Velg Mobil

  • Velg Baja

Meskipun terbuat dari material baja yang merupakan perpaduan dari besi dan karbon, velg jenis ini di Indonesia lebih dikenal dengan sebutkan velg kaleng. Hal tersebut dikarenakan variasi desain velg baja memiliki bentuk yang seperti kaleng.

  • Velg Alumunium

Velg alumunium merupakan perpaduan dari material alumunium, magnesium dan nickel. Velg jenis ini memiliki memiliki desain yang sangat bervariasi karena lebih mudah dibentuk.

  • Velg Magnesium

Velg magnesium juga mmeiliki desain yang cukup bervariasi, namun velg jenis ini tidak terlalu banyak dijumpai. Alasannya, jenis velg magnesium rentan terhadap korosi. Biasanya jenis velg ini lebih banyak digunakan untuk keperluan balap.

  • Velg Carbon

Velg Carbon merupakan jenis velg yang memiliki daya tahan atau kekuatan yang cukup tinggi dan memiliki bobot yang ringan.

Proses Pembuatan Velg Mobil

  • Casting

Proses pembuatan dengan metode casting merupakan proses yang paling dasar. Proses pembuatan velg dilakukan dengan cara melelehkan material velg yang kemudian dituangkan kedalam cetakan (Mold).

  • Flow Forming

Proses pembuatan velg dengan metode flow forming ini merupakan pengembangan dari proses casting. Dibandingkan casting, velg yang dibuat dengan proses Flow Forming lebih kuat dan memiliki bobot yang lebih ringan.

  • Forging

Proses pembuatan velg dengan metode forging menggunakan material padat yang langsung dipanaskan hingga suhu tertentu yang kemudian langsung dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Hasil yang didapatkan dengan proses forging adalah velg dengan material yang padat, kuat dan bobot yang ringan.

Material terbaik serta proses pembuatan velg mobil yang sempurna pastinya akan menghasilkan produk velg mobil yang memiliki kualitas tinggi. Namun pastinya hal tersebut berhubungan dengan biaya produksi yang kemudian berimbas pada tingginya harga jual velg mobil dipasaran.

Saat ini, velg alumunium dengan proses casting menjadi pilihan utama setiap produsen velg, termasuk prdusen velg OEM, ataupun Aftermarket.

Velg standar HSR Wheel juga menggunakan proses casting dengan menggunakan material Alumunium. Untuk menjaga kualitas velg, quality control yang dilakukan HSR Wheel cukup ketat. Jadi dijamin tidak akan ada velg cacat (velg tidak presisi, finishing yang tidak sempurna, hole/lubang PCD tidak presisi, etc.) masuk pasaran.

Bagi kamu yang memutuskan untuk mengganti velg mobil standar dengan velg racing atau velg variasi, tidak perlu ragu menggunakan velg HSR Wheel. Memiliki desain yang bervariasi dan selalu mengikuti perkembangan trend terkini, Kualitas terjamin serta harga relatif lebih terjangkau.

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?