Membersihkan Mesin Mobil, Begini Langkah-Langkahnya!

Membersihkan mesin mobil tentunya tak bisa dilakukan secara sembarangan. Mengingat, ada bagian-bagian tertentu yang bisa dikatakan sensitif. Mesin mobil menjadi salah satu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus.Jika mesin mobil dijaga kebersihannya, maka akan membuat mesin tersebut tidak mudah mengalami masalah.

Lalu Bagaimana Cara Membersihkan Mesin Mobil?

Lalu Bagaimana Cara Membersihkan Mesin Mobil

Dalam hal ini, kamu pun bisa membersihkan mesin mobilmu secara berkala di rumah. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Panaskan Mesin Mobil

Untuk mempermudah proses pelepasan kotoran-kotoran yang menempel pada bagian mesin mobil, kamu bisa menyalakan mesin mobilmu terlebih dahulu. Kamu bisa memanaskan mesin mobilmu sekitar 15 menit dan diamkan sebentar. Setelah itu, kamu bisa mulai untuk membersihkannya.

Cek Kelistrikan Mobil

Sebelum membersihkan mesin mobil, kamu harus memastikan bahwa semua aliran listrik berada dalam kondisi mati. Apabila dalam kondisi menyala dan terkena air, tentunya akan sangat berbahaya.

Bungkus Bagian Mesin yang Bersifat Elektrik

Setelah mesin mobil dipanaskan, bungkus perangkat yang bersifat elektrik pada mesin dengan menggunakan aluminium foil atau pun benda lainnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar air tidak akan masuk ke dalam bagian elektrik mesin mobil pada saat proses pencucian.

Siram dengan Air Bertekanan Rendah

Untuk memudahkan dalam mencucinya, kamu bisa menggunakan air bertekanan rendah. Pencucian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan debu yang menempel di bagian mesin dan sela-sela yang sulit untuk dijangkau. Namun yang perlu diingat, jangan sampai kamu menggunakan air dengan tekanan yang tinggi karena dapat menyebabkan kerusakan komponen pada mesin mobil.

Gunakan Cairan Khusus

Pada bagian inti mesin, kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya. Cairan pembersih ini pun, bisa didapatkan di toko-toko khusus peralatan dan perlengkapan mobil. Dengan penggunaan jenis cairan pembersih yang tepat, maka mesin mobil dapat terus beroperasi dengan baik.

Pembilasan

Dalam proses pembilasan, kamu bisa menggunakan spray agar bagian-bagian mesin tidak ikut terkena cipratan air. Setelah semua bagian mesin telah bersih, kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan lap. Untuk menghindari timbulnya kerak, sebaiknya mobil jangan langsung kamu pakai. Diamkan selama 2-3 jam untuk memastikan bahwa bagian mesin sudah berada dalam kondisi yang kering.

Selamat Kamu Beruntung Mendapatkan Free Maintenance dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?