WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 08.00 - 00.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
Menggunakan Ban Tubeless, Ini Dia Keuntungannya

Menggunakan ban tubeless? Apa saja keuntungannya? Ban termasuk komponen penting yang mendukung kelancaran dalam berkendara. Sebab, jika ban tidak sesuai, maka akan berdampak pada kenyamanan dan keselamatan pengendara. Oleh sebab itu, memilih ban tidak boleh sembarangan.

Umumnya, ban dibagi menjadi dua jenis, yaitu ban type tube (biasa) dan ban tubeless. Kedua ban ini sangat berbeda, dari segi bentuk, ketebalan, dan juga ketahanan. Ban tubeless memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh ban type tube.

Apa Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless?

Ban tubeless merupakan jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam. Hal ini membuat ban menjadi lebih awet dan tahan bocor ketika terkena paku di jalanan. Selain itu, ban ini memiliki daya cengkram yang baik daripada ban type tube atau biasa. Berikut penjelasan lebih dalam mengenai keuntungan menggunakan ban tubeless.

Daya tahan yang baik

Daya tahan ban tubeless sudah tidak perlu diragukan lagi. Ban ini tahan terhadap benda tajam seperti paku, serpihan kaca, dan benda sejenisnya. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika sedang berada dalam keadaan darurat atau sulit mencari bengkel terdekat.

Ban ini tetap bisa kamu gunakan untuk melaju saat paku atau benda tajam lainnya menghantam permukaannya. Namun, walaupun demikian kamu tetap harus membawanya ke bengkel untuk menghindari resiko kerusakan tekstur pada ban mobil.

Selain itu, struktur karet yang tebal membuat ban tubeless tahan ketika melewati jalanan yang rusak atau berlubang.

Memiliki daya cengkram yang kuat

Ban tubeless memiliki kelebihan dalam daya cengkram yang kuat ketika sedang berkendara dalam kecepatan tinggi. Sebab, ban ini memiliki tingkat kestabilan yang baik untuk mencengkram aspal. Karena itulah ban tubeless banyak digunakan dalam ajang balapan.

Material ban

Ban tubeless terbuat dari material karet fiber pada umumnya, namun ban ini memiliki lapisan dalam bernama fluid sealant. Fungsi lapisan dalam ini hanya dapat kamu temukan di ban tubeless untuk merapatkan permukaan ban seiring laju perputaran ban. Sedangkan pada ban type tube lapisan dalamnya berbentuk ban dalam yang biasanya rentan kempes atau mengalami kebocoran saat menghantam benda tajam di jalanan.

Menambal Ban Tubeless

Cara menambal ban tubeless berbeda dengan  menambal ban pada biasanya yang cukup menyita waktu. Ban ini hanya perlu ditambal menggunakan metode string atau tusuk sumpal jika kamu membawanya ke bengkel.

Selain itu, keuntungan lainnya kamu dapat menambal ban sendiri menggunakan beberapa metode menggunakan tire repair kit, sistem suntik dari luar menggunakan lem, dan cara lainnya.