Mobil Overheating, Beginilah Cara Mengatasinya!

Mobil overheating sebenarnya merupakan kondisi di mana mesin mobil mencapai temperatur yang cukup tinggi. Hal ini pun bisa menyebabkan terjadinya masalah seperti mesin mobil yang mati secara tiba-tiba. Lalu, apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini pemaparannya.

Penyebab Mobil Overheating

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mobil overheating. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Radiator

Jika bagian ini bermasalah, tentu akan berpengaruh terhadap sistem pendingin mobil. Hal tersebut menyebabkan mesin mobil menjadi panas. Biasanya, terjadi karena adanya kotoran yang tersumbat. Selain itu, bisa juga karena terjadi kebocoran pada selang radiatornya.

Thermostat

Pada dasarnya, thermostat berkaitan dengan sistem kerja dari radiator. Apabila komponen ini tidak berfungsi dengan baik, maka sistem sirkulasi air pendingin pun akan terganggu. Nah jika dibiarkan terus-menerus, tentu akan menimbulkan overheat pada mesin.

Oli

Penggunaan oli yang tidak berkualitas, ternyata juga dapat menyebabkan mobil mengalami overheating. Hal ini dikarenakan oli yang dipakai tersebut tidak memiliki kemampuan untuk menahan panas berlebih. Hingga akhirnya, membuat volume oli berkurang sehingga kinerja mobil menjadi tidak maksimal.

Dalam hal ini, mesin yang tidak dilumasi dengan oli juga diklaim dapat mengalami gesekan yang kuat. Hal tersebut dapat memicu terjadi overheat. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan oli berkualitas serta yang sesuai dengan mesin mobil kamu ya!

Cara Mengatasi Overheating

Penyebab Mobil Overheating

Nah jika mobil mengalami overheating, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Simak berikut ini penjelasannya.

Berhenti dan Segera Matikan Mesin Mobil

Jika hal tersebut terjadi, maka segera nyalakan lampu sen mobil kamu dan pinggirkan mobil ke tempat yang aman. Setelah itu, matikan mesin mobil dengan segera. Hal tersebut dikarenakan jika mesin menyala maka bisa memicu terjadinya ledakan.

Buka Kap Mesin Mobil

Selanjutnya, buka kap mobil agar mesin bisa mendingin dengan sendirinya. Dalam hal ini, gunakan kain bekas untuk membukanya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari panas yang cukup tinggi pada tutup radiator saat sedang dibuka. Pastikan pula, untuk tidak membuka bagian apa pun terlebih dahulu ya!

Tambahkan Air Radiator

Adapun setelah mesin benar-benar dingin, maka kamu bisa melakukan pengecekan. Jika berkurang maka kamu bisa segera menambahkan air pada tabung radiator tersebut. Namun jika ternyata masih penuh, hal itu bisa menjadi pertanda jika ada masalah pada sistem permesinan mobil. Jika hal tersebut terjadi, maka segera untuk menghubungi bengkel agar bisa ditangani dengan cepat.

Selamat Kamu Beruntung Mendapatkan Free Maintenance dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?