WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Jam Operasional 09.00 - 18.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
Ngantuk Saat Berkendara di Bulan Puasa? Ikuti 6 Tips Berikut

Rasa kantuk merupakan hal yang biasa dirasakan ketika menjalani ibadah puasa. Namun bila tidak dicegah, rasa kantuk tersebut bisa mengganggu kinerja dan aktivitas sehari-hari. Bagi seorang pengendara, rasa kantuk tersebut tentunya akan sangat membahayakan, bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga orang lain. Untuk itu, disini kami akan memberikan sedikit tips agar terhindar dari rasa ngantuk saat berkendara di bulan puasa.

Tips Mencegah Rasa Kantuk saat Berkendara Dibulan Puasa

1. Berwudhu Sebelum Berkendara

Berwudhu sebelum berkendara saat sedang berpuasa, merupakan cara yang cukup effektif untuk menghilangkan rasa kantuk saat berkendara di bulan puasa. Dengan berwudhu kamu akan merasa lebih segar.

2. Hindari Makan Makanan Berat Saat sahur

Makanan berat yang mengandung karbohidrat tinggi memaksa tubuh untuk bekerja lebih untuk memprosesnya. Hal tersebut bisa mengakibatkan tubuh menjadi lebih cepat lelah dan mudah mengantuk. Karena itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat makan sahur untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara di bulan puasa.

3. Mempersiapkan Jadwal Tidur dan Waktu Istirahat yang Cukup

Alasan paling umum kenapa disiang hari banyak yang merasa mengantuk, adalah dikarenakan harus bangun lebih awal dari hari biasanya untuk melakukan ibadah sahur. Sebenarnya hal tersebut masih bisa disiasati dengan mempersiapkan jadwal tidur dan waktu istirahat yang cukup. Dengan mempersiapkan hal tesebut, selain menghindari serangan rasa kantuk disiang hari juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan segar.

4. Minum Air Putih Yang Cukup

Selama bulan puasa, pastikan untuk meminum air putih yang cukup setelah berbuka puasa dan saat sahur. Hal tesebut berguna untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan saat menjalankan ibadah puasa serta menjaga tubuh tetap tetap segar.

5. Manfaatkan Waktu Istirahat Dengan Baik

Sangat penting untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan baik. Jam istirahat yang biasanya digunakan untuk makan siang, di bulan puasa jam istirahat tersebut sebaiknya digunakan untuk memejamkan mata sejenak. Walaupun hanya beberapa menit bisa membuat mata kembali segar dan terhindar dari rasa kantuk saat pulang kerumah.

6. Hentikan Kendaraan Bila Merasa Sangat Mengantuk

Sangat tidak disarankan untuk memaksakan diri berkendara ketika merasa benar-benar ngantuk saat berkendara di bulan puasa. Ada baiknya untuk menepikan kendaraaan dan memejamkan mata beberapa menit hingga mata terasa lebih segar.

Ngantuk saat berkendara di bulan puasa, bisa disiasati dengan berbagai cara. Bila kita bisa memanage waktu dengan baik, gejala tersebut bisa diminimalisir. Segala sesuatu yang diawali dengan niat baik, pastinya akan dipermudah.

Berpuasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan atau mengurangi aktivitas sehari-hari. Semoga dengan tips di atas bisa membantu kamu untuk tetap menjalankan ibadah puasa tanpa mengurangi kegiatan yang biasa kamu lakukan sehari-hari.