Parkir Mobil di Tanjakan, Benarkah Dapat Merusak Komponen Mobil?

Pada dasarnya, parkir mobil di tanjakan ternyata dapat menimbulkan berbagai masalah pada komponen mobil. Namun, tidak sedikit dari pengendara yang tidak mengetahui dampak apa yang ditimbulkan jika kamu melakukan hal tersebut.

Parkir Mobil di Tanjakan Merusak Komponen Mobil

Sebagai pengendara, tentu kamu pernah mendapatkan tempat parkir dengan kondisi bidang yang miring seperti di jalan menanjak. Hal ini biasanya disebabkan karena keterbatasan tempat parkir. Namun tanpa disadari, ternyata hal tesebut dapat memberikan efek bagi komponen mobil kamu. Berikut ini penjelasannya.

Suspensi Mobil

Nah jika kamu memarkirkan mobil di jalan yang menanjak, maka akan membuat suspensi bagian belakang menjadi lebih cepat aus dibandingkan dengan bagian depan. Hal ini disebabkan karena komponen ini harus menopang beban mobil lebih berat dibandingkan saat berada di posisi yang datar.

Rem Mobil

Selain suspensi, bagian rem juga memungkinkan terkena efek saat kamu memarkirkan mobil di jalanan yang miring atau pun menanjak. Beban yang ditopang oleh salah satu bagian mobil, membuat rem menerima tekanan lebih berat dibandingkan dengan bagian lainnya. Dampaknya pun, membuat perputaran ban terasa lebih berat. Hal ini akan membuat pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara.

Dimana Seharusnya Parkir Mobil yang Aman?

Dimana Parkir Mobil yang Aman

Untuk menghindari berbagai permasalahan akibat parkir mobil di tanjakan atau bidang miring, maka kamu harus memilih tempat parkir yang aman untuk mobil kesayangan kamu. Dalam hal ini, usahakan agar setiap memarkir mobil selalu pada permukaan yang datar. Hindari pula untuk memarkirkan mobil pada kontur tanah yang rendah atau pun cekung. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan mobil rentan terkena genangan air pada saat hujan.

Begitu pula, saat kamu sedang berada di area parkir yang mengharuskan mobil kamu parkir secara paralel. Pada dasarnya, parkir paralel merupakan posisi parkir yang dianggap cukup sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu bisa memilih tempat untuk parkir di permukaan yang datar dibandingkan di tanjakan atau pun turunan.

Selamat Anda Beruntung Mendapatkan Promo Terbaru dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?