WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support
Selamat datang, Pak!
Kepala Cabang Kami siap membantu Anda. Cek cabang terdekat disini.

Contact Us
Pemasangan Velg Mobil, Hal Ini Wajib di Perhatikan

Velg mobil memang menjadi perhatian banyak orang karena bisa menjadi pusat perhatian. Berbekal desain velg mobil yang bagus dan menarik maka penampilan mobil seketika menjadi keren. Inilah alasan banyak pemilik mobil melakukan modifikasi velg mobil. Sebab cukup ganti velg saja maka penampilan mobil akan mengalami perubahan dalam skala besar. Namun, proses pemasangan velg mobil tetap memerlukan perhatian

Proses Memasang Velg Mobil

Proses Pemasangan Velg

Meskipun untuk memodifikasi velg mobil tidak musti paham dunia otomotif luar dan dalam. bukan berarti asal percaya saja dan tidak cermat dalam memilih velg. Sebab mengutamakan tampilan fisik saja tentu berbahaya. Pasalnya pemilihan dan pemasangan velg mobil yang tidak benar nantinya berpotensi membahayakan keselamatan.

Proses penggantian velg standart ke velg variasi tentu memerlukan banyak pertimbangan. Pemasangan velg mobil pun dituntut untuk dilakukan dengan teliti maka perhatikan langkah-langkahnya  berikut ini:

  • Menyamakan Diameter Ban Dalam dan Luar

Langkah pertama dalam pemasangan velg mobil variasi adalah memilih ukuran ban dalam yang sama dengan ban luar. Tujuannya untuk menyesuaikan ground clearance agar sesuai dengan kondisi awal. Umumnya ukuran velg ini akan dibantu penjual velg sehingga kecil kemungkinan salah pilih.

  • Memperhatikan Lubang Baut Pada Velg

Jika diperhatikan di bagian velg mobil akan dijumpai beberapa baut. Penting untuk memastikan lubang baut tersebut pas bukannya longgar. Sehingga menekan resiko velg terlepas atau longgar yang mempengaruhi kaki-kaki mobil.

  • Memeriksa Titik Tengah Velg

Titik tengah pada velg mobil sebaiknya simetris sehingga penting untuk diperhatikan pada saat proses pemasangan. Jika mempercayakan pemasangan pada mekanik maka cek kondisi pasca dikerjakan untuk meminimalisir kesalahan.

  • Memilih Offset Velg dengan Benar

Offset velg variasi baiknya ditentukan dengan benar agar velg memiliki ruang luas saat berputar. Ukuran offset yang keliru memperbesar resiko terjadi kerusakan pada banyak komponen mobil. Tidak hanya pada velg variasi baru yang dipasang, namun juga pada ban, fender, dan shockbeker.

  • Memperhatikan Kapasitas Daya Tahan Velg

Jenis velg variasi yang tersedia di pasaran memiliki karakter khas, salah satunya dari kapasitas daya tahannya menanggung beban. Material dan diameter velg yang berbeda membuat kapasitas bebannya juga berbeda. Penentuan pilihan disesuaikan dengan berat mobil yang dimiliki.

Sehingga menjadi sangat penting untuk memilih velg yang daya tahan atau data bebannya sesuai. Tujuannya untuk memperkecil resiko kerusakan pada kaki-kaki mobil yang tentu berdampak luas. Mulai dari kenyamanan karena turunnya kemampuan mobil meredam guncangan. Selain itu juga mempengaruhi keselamatan, karena bisa jadi ban selip akibat velg yang salah pasang dan salah pilih.

Velg ban mobil memang sebaiknya dipilih dan dipasang dengan seksama. Jangan sampai sekedar mengejar tampilan mobil yang semakin sedap dipandang. Perhatikan tips dan proses yang diuraikan di atas sebagai panduan dasar untuk memperkecil kesalahan.

HSR Wheel memiliki banyak pilihan velg yang bisa disesuaikan dengan desain mobil yang Anda miliki. Berminat untuk mengganti velg mobil standar dengan velg produksi HSR Wheel? Bagi yang berminat, bisa langsung menghubungi kami atau mendatangi langsung toko TKB Group Indonesia yang berada di kota Anda, karena velg HSR hanya dipasarkan melalui toko cabang TKB Group Indonesia untuk tetap menjaga mutu dan kualitas produk.