Penyebab Rem Mobil Keras, Begini Cara Pengecekannya

Rem mobil merupakan salah satu komponen yang penting pada sebuah mobil, maka dari itu kamu perlu ketahui penyebab rem mobil keras.  Jika sudah mengetahui penyebabnya, kamu juga perlu cari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Pastinya dengan pengecekan secara rutin dan berkala kamu bisa mengetahui keadaan kondisi rem pada mobil kamu.

Perhatikan Penyebab Rem Mobil Keras

Untuk kamu yang sudah biasa menyetir mobil pasti akan mudah merasakan jika pedal rem terasa lebih keras ketika diinjak. Jangan sampai kamu menganggap sepele ketika kamu sudah merasakan pedal remnya keras. Sebab, bisa mempengaruhi tingkat keamanan kamu selama berkendara.

Tidak perlu bingung, kamu bisa lihat beberapa hal yang dapat menyebabkan rem mobil menjadi keras berikut ini.

Periksa Bagian Booster Rem

Perlu kamu ketahui, biasanya penyebab rem mobil keras adalah booster rem yang sudah aus. Hal ini terjadi karena booster rem sudah melewati waktu pemakaian yang sudah lama. Jika memang sudah aus, segeralah kamu ganti dengan booster rem yang baru.

Periksa Bagian Kampas Rem

Selain booster rem, bagian yang biasanya menyebabkan pedal rem menjadi keras adalah bagian kampas remnya. Jika ada masalah pada kampas rem atau mulai sudah menipis, sebaiknya segera kamu ganti dengan yang baru. Sebab, kampas rem mempengaruhi pakemnya rem sebuah mobil.

Periksa Bagian Minyak Rem

Bagian yang perlu kamu periksa selanjutnya adalah minyak remnya karena volume minyak rem akan terus berkurang selama pemakaian. Jika sudah mulai berkurang atau warna minyak rem sudah mulai berubah, sebaiknya segera kamu ganti.

Cara Melakukan Pengecekan Rem Mobil Keras

Perhatikan Penyebab Rem Mobil Keras

Ketika kamu merasakan ada hal yang aneh seperti pedal mobil yang keras, kamu harus melakukan pengecekan lebih lanjut. Kamu perlu melakukan pengecekannya tersebut secara berkala agar kamu bisa mengetahui apakah fungsi rem masih berjalan secara optimal. Inilah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kondisi rem mobil keras.

  • Pertama, kamu bisa matikan mesin mobil lalu injak dan lepaskan pedal rem dalam beberapa kali untuk memastikan posisi pedalnya, kemudian biarkan kaki kamu tetap menginjak pedal rem.

  • Selanjutnya, hidupkan mesin mobil kamu dan kamu bisa rasakan bagaimana kondisi pedal rem tersebut. Saat kamu merasakan ada getaran atau bunyi yang tidak normal saat pedal rem yang diinjak,  itulah tanda bahwa permukaan disk brake sudah tidak lagi rata dan perlu diperbaiki.
  • Terakhir, apabila kamu menemukan bau seperti hangus ketika menginjak pedal rem, merupakan salah satu tanda adanya kebocoran pada bagian kalipernya dan perlu di perbaiki secepatnya.
Selamat Anda Beruntung Mendapatkan Promo Terbaru dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?