Proses Pembuatan Ban Accelera

Proses Pembuatan Ban Accelera – Pada setiap tahap produksi, kontrol komputer memainkan peran yang signifikan terhadap proses produksi. Dari langkah pertama produksi kompon karet, hampir semua proses ini di operasikan secara elektronik.

Zaman yang serba canggih ini setiap tahap produksi pasti sudah melalui tahap kontrol komputer, dan disini komputerlah yang memainkan peran yang signifikan terhadap proses produksi. Langka awal dari produksi yaitu kompon karet, dan hampir semua proses reproduksi ini di operasikan secara elektronik.

Proses Pembuatan Ban Accelera

Komponen dari ban ( karet alam dan karet sintetis, karbon dan belerang) akan secara ketat di tentukan takarannya, agar selanjutnya bisa masuk ke mesin mixer karet. Pada saat pencampuran di lakukan secara bertahap, dalam hal ini kompon karet siap pakai masuk ke mesin lagi.

Bahan menjalani kontrol kualitas, jika lulus tes, makan akan di bawa ke gudang. Kemudian di lanjutkan ke tahap produksi, seperti tali karet berlapis, lapisan kedap udara, breaker, bagian samping dan pelingdung, lalu pembuatan kabel berlapis karet di butukan mesin khusus.

Sumber : Cragar Racing

Cara kerjanya seperti alat tenun, kabel pergi ke extruder khusus, dimana ia di tekan menjadi lembaran karet khusus, di mana di tekan menjadi lembaran karet khusus, kemudian akan di potong untuk mendapatkan bentuk tertentu. Lengketnya bahan sangat lah lengket agar tidak terjadi pengggumpalan permukaan bahan satu dengan yang lainnya, maka pada saat menggulung haruslah memakai lapisan pada setiap sekatnya berbagai jenis gasket karet dan bahan yang sudah siap lanjut untuk di jadikan ban bentuk utuh

Proses Pembuatan Ban
Sumber : Cragar Racing

Baca juga Accelera Run Flat Terima Rekor !!!

Proses Pemasakan Ban Accelera :

  • Perakitan Ban : Perakitan Ban di laksanakan pada mesin yang di operasikan oleh dua orang. Satu menyisipkan kelos dengan komponen-komponen ke dalam mesin dan yang lainnya menutup cincin. Mesin mengerjakan sisanya dengan sendirinya. Sesekali pekerja memeriksa apakah ada yang cacat? kemudian ban ini akan masuk ke tahap vulkanisasi dimana tempat ban terkena uap panas, aditif karbon karet dan minyak ” di panggang ” menjadi satu kesatuan yang koheren, disini juga ban mulai di cetak bentuk bannya dan nama merek.
  • Cetak Ban : Ban – ban yang sudah siap akan ” dimasak ” di tempat ini sangat bau karet dan panas. karena banyaknya uap panas dan di lakukan dengan cepat lalu jika ban sudah di masak, sudah kelihatan bentuk dan pola ban nya lalu ban di dinginkan terlebih dahulu, sebelum melakukan pengetesan. jika ban sudah dalam keadaan dingin selanjutnya ban di masukan ke ruang pengetesan uji kelayakan ban. proses pengetesan yaitu dengan cara memutar roda di tengah alat pengetesan dengan kecepatan yang konstan sebesar 340km/jam, maka kecepatan ban tersebut tergantung pada jenis ban itu sendiri, jadi ada gesekan ban di roda sehingga seperti simulasi saat anda berkendara.

HSR - Iqbal Abdul Ghofur

HSR Wheel - City Of Rims, Velg dan Ban Mobil Berkualitas.

Satu tanggapan untuk “Proses Pembuatan Ban Accelera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Proses Pembuatan Ban Accelera

Oleh HSR - Iqbal Abdul Ghofur Baca Juga: 2 min
1