Rem Blong dan Solusi Mengatasinya

Rem blong terjadi akibat adanya gangguan pada sistem pengereman sehingga rem tidak dapat bekerja dengan baik atau kehilangan kontrol.

Rem merupakan komponen yang paling vital pada sebuah kendaraan. Umumnya, penyebab paling utama terjadinya kecelakaan di jalanan akibat dari kendaraan  yang mengalami rem blong.

Apa saja solusi untuk mengatasi rem blong?

Jika rem sudah tidak berfungsi dengan baik lagi, maka pedal rem tidak dapat menghentikan laju mobil, apalagi ketika kamu sedang berada dalam kecepatan tinggi. Tentu saja keselamatan kamu akan terancam. Oleh sebab itu, untuk mengurangi rasa panik berlebihan saat masalah ini terjadi, kamu harus simak beberapa tips dan solusi untuk mengatasinya di bawah ini.

Memberikan tanda darurat

Saat kamu sudah merasakan rem blong terjadi, jangan panik. Kamu dapat menyalakan lampu hazard sebagai tanda jika kamu berada dalam keadaan darurat. Kemudian, setelah itu kamu bisa menekan klakson mobil berkali-kali tanpa membuat panik pengendara lain dengan membuka kaca depan mobil jika memungkinkan untuk meminta bantuan pengendara lain.

Mengganti transmisi gigi menjadi rendah

Ketika kamu sedang berada dalam kecepatan tinggi, kamu bisa melakukan pergantian gigi secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk mengurangi peningkatkan resiko terjadinya mobil oleng saat rem blong. Jangan lakukan secara sekaligus, misalnya ketika mobil sedang berada di gigi empat kamu langsung menggantinya ke gigi satu, hal ini hanya akan memicu timbulnya masalah lain jika dilakukan.

Menggunakan rem tangan

Penggunaan rem tangan dapat kamu jadikan sebagai pilihan alternatif untuk menghentikan laju mobil secara bertahap. Namun, kamu harus melakukannya secara perlahan-lahan agar mobil tidak mengalami selip atau berhenti secara mendadak yang menyebabkan mobil terbalik.

Tidak mematikan mesin

Beberapa orang akan mematikan mesin mobil untuk menghentikan laju kendaraan ketika panik. Tetapi, cara ini hanya akan membuat kamu sulit untuk mengendalikan laju kecepatan ketika power steering dalam keadaan mati.

Pilihan terakhir, benturkan!

Jika dirasa mobil benar-benar tidak dapat dihentikan, kamu dapat mengalihkannya ke jalur penyelamatan rem blong atau membenturkannya ke area yang aman seperti pasir, pagar, kayu, atau hal lainnya untuk menghindari korban jiwa.

Selamat Anda Beruntung Mendapatkan Promo Terbaru dari HSR WheelAyo Langsung Isi Formulir Berikut Ini
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan pada kami apa saja tentang velg dan ban mobil.
Selamat datang Bapak/Ibu. Ada yang bisa dibantu / ditanyakan?