WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service Kami siap membantu Anda. Tanyakan apa saja tentang produk-produk HSR Wheel. Jam Operasional 09.00 - 18.00
Selamat datang Bapak/Ibu. Dengan Zai ada yang bisa dibantu / ditanyakan?
Seberapa Penting Peran Offset Velg Mobil?

Merealisasikan keinginan untuk melakukan modifikasi velg mobil sebaiknya dimulai dengan mempertimbangkan beberapa hal. Tujuannya agar tidak melakukan kesalahan sehingga tampilan mobil semakin keren namun tidak mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan saat memegang kemudinya. Salah satu pertimbangannya adalah menentukan offset velg mobil dengan tepat.

Apa yang dimaksud Offset

Offset pada velg mobil merupakan jarak antara garis tengah velg yang menempel pada hub mobil. Biasanya menggunakan satuan milimeter dan fungsinya untuk memastikan stance velg lebih baik pada kaki-kaki mobil. Maka menentukan offset velg secara tepat sangat penting untuk memastikan mobil tidak mudah oleng saat dikemudikan.

Bahaya Jika Salah Menentukan Offset Velg Mobil

Melihat pentingnya penentuan offset dengan tepat maka perlu memilih dan menghitung dengan benar. Meskipun ukuran offset dari velg variasi yang diambil tidak sama dengan offset velg standart bawaan pabrik. Cara termudah untuk menentukan ukuran offset ini adalah melihat atau mengukur dulu lebar offset velg standart. Baru kemudian mengukur jarak yang tersisa antara velg ke shockbeker dan fender.

Pengukuran sebaiknya dilakukan dengan cermat, sebab jika ada kemungkinan velg keluar dari body mobil. Kemungkinan lainnya adalah velg tersebut berbenturan dengan shockbeker yang tentu memicu kerusakan. Ketika ukuran offset velg yang diambil jaraknya terlalu jauh di dalam fender maka menyebabkan bagian bibir maupun dalam velg bergesekan dengan suspensi.

Namun, apabila ukuran offset velg yang diambil justru terlalu jauh keluar dari fender mobil. Maka efeknya fender ini akan bergesekan dengan dinding ban. Gesekan ini bisa menyebabkan kerusakan dalam waktu singkat pada ban. Padahal harga ban tidak murah, maka bisa diperhitungkan sendiri berapa nominal budget yang musti dikeluarkan jika terjadi kerusakan semacam ini.

Fender pun mengalami kerusakan karena tergerus oleh ban yang bergesekan setiap kami mobil dikemudikan. Kerusakan pada fender tentunya bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Menghindarinya tentu saja dengan memilih offset yang ukurannya pas. Umumnya ukuran aman menentukan offset velg variasi adalah 5 angka lebih lebar dibanding offset velg standart.

Kegiatan modifikasi mobil memang jamak dijumpai, meski sudah menyiapkan budget yang cukup. Tindakan modifikasi tidak bisa langsung dilakukan sesuai keinginan mpunya mobil. Mengapa? Sebab ada banyak hal musti dipertimbangkan, karena percuma mengutamakan tampilan. Apabila urusan keselamatan malah dalam bahaya.

Hal serupa terjadi ketika memutuskan melakukan modifikasi pada velg mobil. Sebaiknya dikonsultasiakn lebih dalam kepada ahlinya. Pertimbangannya banyak, dan salah satunya mengenai offset velg variasi. Detailnya bisa membaca uraian di atas.

Tertarik untuk melakukan modifikasi velg mobil yang Anda miliki? HSR Wheel selalu siap membantu Anda. Untuk mendapatkan produk velg HSR bisa langsung menghubungi kontak kami atau langsung mendatangi toko cabang TKB Group Indonesia. Untuk menjaga komitmen mutu dan kualitas produk HSR, kami hanya menjual produk melalui toko cabang TKB Group Indonesia.